Dukung RUU Ponpes, Pemkot Serang Siapkan Perda

SERANG, (KB).- Pemerintah Kota (Pemkot) Serang menyiapkan peraturan daerah (Perda) yang akan berkaitan dengan Rancangan Undang-Undang tentang Pondok Pesantren (Ponpes). Hal tersebut, dilakukan untuk pembangunan dan kesejahteraan pesantren di Kota Serang.

Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan, dengan adanya RUU tersebut, dapat mengakomodir pembangunan ponpes di Kota Serang. Bentuk dukungan tersebut dilakukan dengan memperkuat aturan tersebut, melalui perda. Akan tetapi, pihaknya akan terlebih dahulu melakukan kajian ulang terhadap RUU tersebut.

“Ini juga sesuai dengan visi dan misi kami, dalam menyejahterakan ponpes di Kota Serang. Terlebih peran ponpes sangat lah dibutuhkan, seperti dalam hal pembentukan karakter, sehingga para pelajar di Kota Serang memiliki Akhlakul Karimah yang mumpuni,” katanya.

Ia menilai, RUU tersebut sangat menggambarkan kondisi Banten, khususnya Kota Serang sebagai daerah seribu kiai dan sejuta santri. “Saya kira, ini sangat cocok, karena Banten termasuk Kota Serang disebut sebagai daerah seribu kiai dan sejuta santri. Kemudian, ini juga bisa menyejahterakan dan mencerdaskan para santri di Kota Serang,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Banten Amas Tadjuddin menuturkan, negara wajib hadir untuk menganggarkan pembangunan ponpes. Baik di Provinsi Banten maupun Kota Serang, ini sesuai dengan RUU Pesantren yang telah disahkan beberapa waktu lalu.

Apalagi, tutur dia, saat ini banyak ponpes yang membutuhkan bantuan, baik dalam hal pembangunan ataupun kesejahteraan. Ia sangat mendukung penuh terhadap RUU Pesantren. Sebab, di Banten ada ratusan, bahkan ribuan pesantren yang berdiri. Tentu, dengan adanya perda tersebut, akan sangat membantu ponpes dalam memberikan pendidikan kepada santrinya.

“Bahkan, kami juga akan mendorong pemerintah untuk membuatkan perda ini, sehingga daerah Banten maupun Kota Serang memiliki Perda Pesantren, supaya dalam pembangunanya dan pelaksanaannya tidak keluar jalur dan tetap pada normanya,” ucapnya.

Tidak hanya itu, kata dia, Pemkot Serang memiliki visi dan misi dalam membangun kota yang beradab dan berbudaya. Salah satunya melalui pendidikan karakter yang ada di sekolah-sekolah. Kemudian, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang sangat mendukung dengan kehadiran sejumlah ponpes di wilayahnya. (Rizki Putri/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here