Rabu, 26 September 2018

Dua Pulau di Banten Jadi Primadona

Indonesia menyimpan banyak tempat wisata yang keindahannya begitu menawan, salah satunya di Banten. Tepatnya ada dua pulau yakni Pulau Tiga dan Empat yang masuk dalam kawasan administratif Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Sebelumnya, Pulau Tiga ini bernama Pulau Mojan Besar yang letaknya di Selat Sunda, karena berdekatan dengan dua pulau lainnya. Akhirnya berganti nama menjadi Pulau Tiga.

Untuk dapat menyeberangi pulau tersebut, para wisatawan harus ke Pelabuhan Karangantu yang berlokasi di Kecamatan Kaseman Kota Serang. Cukup dengan menyewa perahu motor milik nelayan setempat liburan ke pulau pun sudah bisa diwujudkan. Harga sewanya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp 500.000 sampai Rp 1 juta, sudah dapat mengunjungi Pulau Tiga dan Empat. Jarak tempuhnya pun tidak terlalu jauh, hanya memakan waktu 30 menit dari Pelabuhan Karangantu sambil menikmati keindahan laut disepanjang perjalanan yang kian mengasyikkan.

Setibanya di dermaga Pulau Tiga wisatawan sudah disambut dengan bebatuan kecil yang terhampar luas di pulau tersebut. Namun wisatawan tidak dapat berenang disekitar pantai karena ada banyak karang-karang tajam yang dapat membahayakan pengunjung. Sebagian besar pulau ini memang dipenuhi bebatuan karang laut. Sedangkan dibagian tengahnya dapat dijumpai daratan yang terbuat dari pecahan karang, waahh terbayangkan indahnya.

Pulau seluas 4 hektare lebih ini tidak memiliki pasir putih yang halus layaknya pulau-pulau lain. Meski tidak terlalu luas pulau ini memiliki berbagai fasilitas. Selain sarana wisata laut ada juga gazebo untuk bersantai dan menginap. Dengan harga yang tentunya sangat terjangkau, untuk menikmati berbagai fasilitas air mulai dari Rp 45.000 sampai Rp 70.00. Untuk penginapannya mulai dari Rp 50.000 sampai Rp 150.000 per malamnya.

Berakhir pekan ke Pulau Tiga dan Empat sangat cocok untuk alternatif liburan yang mudah, murah, dan terjangkau serta dekat dari pusat Kota Serang. Selama berada di Pulau Tiga para pengunjung bisa berswafoto dengan berbagai gaya kekinian untuk diposting di media sosial. Setelah puas berkeliling Pulau Tiga, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan menuju Pulau Empat dalam waktu 10 menit.

Pulau Empat sebelumnya dikenal para nelayan dengan nama Pulau Penghujan Kecil. Tepat dibelakang pulau tersebut terdapat hutan kecil yang jika beruntung para pengunjung dapat menjumpai monyet. Sebelum hari mulai gelap biasanya nelayan membawa kembali wisatawan menuju Pelabuhan Karangantu sambil menikmati matahari tenggelam tentunya. (Rizqi Putri/Job)***


Sekilas Info

Serentaun Kasepuhan Citorek, Menjaga Tradisi Mendongkrak Sektor Kepariwisataan

RITUAL adat tahunan komunitas masyarakat adat Kaolotan atau Kasepuhan di masyarakat adat Baduy di Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *