Rabu, 20 Februari 2019
Breaking News

Dua Pria Bobol Mesin ATM dengan Tongsis

Aksi pencurian kembali terjadi di Kota Serang. Tak tanggung-tanggung, kali ini sang pencuri mencoba membobol sebuah mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di Ruko Ahmad Yani, Cipare, Kota Serang, Sabtu (5/1/2019) sore.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, aksi pencurian ini terjadi sekitar pukul 17.30 WIB. Pelakunya berjumlah dua orang. Namun, seorang dari kawanan tersebut bisa melarikan diri menggunakan sepeda motor.

Salah seorang pelaku yang berhasil ditangkap bernama Saipi. Untungnya, sebelum membawa kabur uang dari ATM, aksi pencurian kedua orang tidak dikenal ini dapat digagalkan oleh dua personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Serang Kota yaitu Brigadir Bobhy Erlando Chrisry Situmorang dan Bripda Ridho Radiansyah.

Kepada wartawan, Bobhy mengatakan aksi pembobolan mesin ATM ini terungkap saat dirinya dengan Bripda Ridho sedang melakukan patroli tidak jauh dari lokasi kejadian. Ketika melewati ruko, keduanya mendapat informasi dari satpam setempat bahwa ada pria mencurigakan di dalam ruangan mesin ATM.

“Begitu mendapat laporan itu, saya dan Ridho langsung ke lokasi. Pas kami intip, salah seorang pelaku sedang mengambil uang dalam mesin ATM menggunakan tongsis yang biasa digunakan untuk handphone. Dia juga terlihat sudah memegang sejumlah uang,” katanya.

Setelah yakin jika pria tersebut merupakan kawanan pencuri, Bhoby dan rekannya langsung menutup dan menahan pintu ruangan ATM agar pelaku tidak bisa keluar ruangan. Warga yang melihat aksi kedua anggota Satlantas ini kemudian ikut membantu menutup pintu.

“Saya enggak langsung tangkap dulu orangnya, karena khawatir pelaku bawa senjata. Jadi, pintunya ditutup dulu biar dia enggak kabur. Saya juga langsung menghubungi rekan saya untuk meminta bantuan,” ujarnya.

Khawatir pelaku menjadi bulan-bulanan warga, Bhoby beserta rekannya yang mulai datang ke lokasi kejadian lalu mengamankan orang tersebut ke Mapolres Serang Kota. Alat yang digunakan pelaku juga ikut diamankan sebagai barang bukti pemeriksaan.

“Saya khawatir jadi sasaran kemarahan warga. Makanya kami langsung amankan ke polres dan dilimpahkan ke Satreskrim,” tuturnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Saipi, salah seorang pelaku yang berhasil ditangkap telah mengakui perbuatannya. Di hadapan penyidik, ia mengaku membobol mesin ATM tersebut menggunakan alat tongsis yang sudah dimodifikasi supaya memudahkannya untuk mengambil uang curian.

“Awalnya, pelaku memasukkan kartu ATM miliknya dulu untuk mengambil uang. Setelah uangnya mau keluar, listrik di ruangan itu dia padamkan. Dia kemudian mengambil uang yang akan keluar itu menggunakan tongsis yang sudah diubah. Pelaku juga pakai pinset supaya bisa ngambil uangnya,” ucap Kasatreskrim Polres Serang Kota AKP Ivan Aditira kepada Kabar Banten saat dihubungi melalui sambungan telepon seluler. (Rifat Alhamidi/MH)*


Sekilas Info

Pemkab Serang Siapkan 22 Hektar Kembangkan Budidaya Garam

SERANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang segera mempersiapkan lahan seluas 22 hektare untuk mengembangkan budidaya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *