Dua Parpol Tetapkan Pimpinan DPRD Banten

SERANG, (KB).- Dua partai politik dengan perolehan kursi terbanyak pada Pemilu 2019 yaitu Partai Gerindra dan Demokrat sudah menetapkan pimpinan DPRD Banten. Partai Gerindra menetapkan Andra Soni sebagai Ketua DPRD Banten dan Demokrat menetapkan M Nawa Said sebagai Wakil Ketua DPRD Banten.

Dalam rapat pleno penetapan kursi dan caleg terpilih Pemilu 2019 oleh KPU Banten, ada lima partai yang yang mendapat kursi lebih banyak dibanding partai lainnya. Kelima partai itu adalah Partai Gerindra dengan 16 kursi, PDI Perjuangan dengan 13 kursi, Golkar 11 kursi, PKS 11 kursi dan Demokrat 9 kursi.

Atas perolehan kursi itu, masing-masing partai berhak mendapatkan kursi pimpinan DPRD Banten, dengan rincian Gerindra di Ketua DPRD Banten dan sisanya Wakil Ketua DPRD Banten. Gerindra telah menetapkan Andra Soni, Demokrat menetapkan M Nawa Said dan sisanya masih menunggu SK dari DPP masing-masing.

Sekretaris DPD Demokrat Banten Eko Susilo menuturkan, SK DPP tentang penetapan M Nawa Said sebagai Wakil Ketua DPRD Banten periode 2019-2024 diperkirakan turun pada Senin (2/9/2019) atau Selasa (3/9/2019).

Ia meminta, M Nawa Said terus mengawal program 14 prioritas Partai Demokrat serta membantu Gubernur dan Wakil Gubernur Banten. “14 prioritas Partai Demokrat itu pendidikan, kesehatan, sembako murah, listrik murah, BPJS untuk rakyat, membuka lapangan kerja, tingkatkan gaji pegawai, subsidi pupuk, subsidi listrik dan lain-lain,” ujarnya.

Kepada masyarakat, ia menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan kepada Partai Demokrat. “Alhamdulillah sembilan legislator dari Partai Demokrat dilantik hari ini, mohon terus dipantau dan diingatkan, karena Demokrat hadir untuk rakyat,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD Gerindra Banten Andra Soni membenarkan, keputusan terkait Ketua DPRD Banten periode 2019-2024 sudah keluar dari DPP Gerindra. “Tapi suratnya belum kita ambil,” tuturnya.

Ia menjelaskan, dari delapan kabupaten/kota, Partai Gerindra mendapatkan kursi Ketua DPRD di Kota Serang, Pandeglang dan Lebak. Sementara yang lainnya mendapatkan kursi wakil ketua.

Disinggung terkait alat kelengkapan DPRD Banten periode 2019-2024, lulusan STIE Bakti Pembangunan ini mengatakan, sampai saat ini belum ada pembahasan.

“Karena pimpinan SKD ditetapkan definitif. Nah sementara ini kan pelantikan belum bisa definitif dulu masih ketua sementara. Alhamdulillah saya juga dipercaya oleh partai untuk menjadi pimpinan sementara,” katanya.

Berdasarkan tata tertib DPRD Banten, kata dia, pimpinan sementara DPRD Banten akan bertugas mulai 2 September 2019, atau saat pelantikan DPRD Banrten periode 2019-2024. “Tugasnya kita adalah mengantarkan sampai dengan tahapan tatib dan lain-lain,” ujarnya. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here