Selasa, 21 Agustus 2018

Dua Kota di Provinsi Banten Sabet Penghargaan ISNA 2018

Dua kota di Provinsi Banten, yakni Kota Tangerang dan KotaTangerang Selatan
berhasil menyabet penghargaan Indonesia Smart Nation Award (ISNA) 2018. Penghargaan bergengsi itu diserahkan langsung Menteri Pariwisata Arief Yahya kepada Pjs Wali Kota Tangerang, M Yusuf dan Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany di Nusantara 2 Hall Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang, seperti dikutip dispar.bantenprov.go.id, pekan lalu.

Sementara itu, penghargaan yang diraih Pemkot Tangerang dengan kategori ”Smart Branding” dan Kota Tangerang Selatan dengan kategori ”Smart Society” dan ”Smart Ecosystem”.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengapresiasi dua kota di Banten, Kota Tangerang dan Tangsel meraih penghargaan ISNA 2018. Prestasi tersebut semakin menunjukkan eksistensi kotanya sebagai smart city di Banten.

”Bangga tentunya, bisa mendapatkan capaian terbaik dengan tata kelolanya, pembangunan daerah, kelayakan hidup, masyarakat yang cerdas, hingga pengelolaan aspek lingkungan hidup yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tangerang dan Tangsel sehingga bisa menyabet penghargaan ISNA tahun ini,” kata Kepala Dispar Banten, Eneng Nurcahyati seusai menghadiri Launching Jakarta Weekend Hot Deals Indonesia Smart Nation Award (ISNA) Visit Wonderful Indonesia (ViWI) 2018 bersama jajaran kepegawaian Dinas Pariwisata Provinsi Banten.

Menurut dia, setiap daerah tentunya bisa memiliki kesempatan sama untuk meraih Award ISNA melalui inovasi pembangunan daerah di berbagai sektor. Penghargaan ISNA merupakan rangkaian dari kegiatan Kemenpar RI Jakdeals ViWI 2018 tersebut diharapkan bisa terus berinovasi membangun daerah terutama pada pembangunan pariwisata di Indonesia.

”Dengan unsur 3A (Atraksi, Akomodasi dan Akses) yang dimiliki di setiap daerah diharapkan bisa menambah angka kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara. Program Jakarta Weekend Hot Deals juga bentuk upaya dari pemerintah pusat yang harus kita dukung secara bersama,” ujarnya.

Program Jakarta Weekend Hot Deals Indonesia Smart Nation Award (ISNA) Visit Wonderful Indonesia (ViWI) 2018 tersebut diluncurkan dalam rangka mendorong percepatan bisnis di sektor pariwisata, serta mengupayakan pencapaian target peningkatan wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus).

Menpar Arif Yahya berharap Program ViWI 2018 dapat memberikan kontribusi sebesar 15% dari target pariwisata nasional tahun ini sebesar 17 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) atau sebanyak 2,5 juta wisman.

”Kunci suksesnya pelaksanaan Jakdeals ada pada harga jual yang harus bersaing (bundling) dengan paket hot deals yang dijual negara pesaing di kawasan ASEAN di antaranya negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand,” ucapnya.

Event tersebut dihadiri perwakilan dari pemerintah daerah, industri dan asosiasi pariwisata, industri penerbangan dan TA/TO. Program ini merupakan bagian dari program Visit Wonderful Indonesia (ViWI) 2018 dengan tujuan utama mendatangkan lebih banyak wisatawan mancanegara (wisman) melalui paket-paket wisata yang murah dan menggiurkan. Dengan menggabungkan unsur 3A (Atraksi, Akomodasi dan Akses) dalam bundling, paket wisata yang ditawarkan menjadi daya tarik bagi wisman. (Endang Mulyana)*


Sekilas Info

Situs Patapaan dilirik Jadi Tempat Selfi

Situs Patapaan yang berada di Desa Sukanagara, Kecamatan Kibin mulai banyak di datangi pengunjung. Hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *