Dua Desa di Kabupaten Lebak Raih Penghargaan Kementerian

Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya saat membuka kegiatan Bursa Inovasi Desa yang digelar di Hall Latansa, Kamis (29/11/2018).*

LEBAK, (KB).- Desa Warung Banten Kecamatan Cibeber dan Desa Cigoong Selatan Kecamatan Cikulur dinobatkan sebagai desa terbaik pada dua versi berbeda dan akan mendapatkan penghargaan dari Kementerian Desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Banten, Enong Suhaeti menyatakan, Desa Warung Banten Cibeber menempati peringkat pertama se-Indonesia dalam kategori inovasi desa melalui pendirian perpustakaan ”Kuli Maca”, serta berbagai inovasi lain. Sementara Desa Cigoong Selatan menjadi desa terbaik dalam hal pengelolaan dana desa.

”Atas nama Pemprov Banten, saya menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi pada Lebak yang telah menunjukkan komitmen kuat pada program inovasi desa. Dengan bangga saya sampaikan, dua desa di Kabupaten Lebak yaitu Desa Warung Banten dan Desa Cigoong menjadi yang terbaik dan akan menerima penghargaan dari Kementerian PDT akhir minggu ini di Hotel Sultan Jakarta,” kata Enong Suhaeti pada pembukaan kegiatan Bursa Inovasi Desa yang digelar di Hall Latansa, Kamis (29/11/2018).

Di hadapan seluruh kepala desa dan Ketua Badan Perwakilan Desa se-Kabupaten, Enong menyatakan, dalam penggunaan dana desa, Pemerintah Kabupaten Lebak juga mendapat predikat terbaik se-Banten.

”Dua raihan predikat terbaik itu menandakan Pemkab Lebak telah melaksanakan Permen Kemendes Nomor 48 Tahun 2018. Dengan kata lain, Pemkab Lebak telah menunjukkan komitmen untuk membangun desa,” ujar Enong.

Enong menegaskan, kehadiran bupati, wakil bupati, sekda serta seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) serta 340 kades dan kepala BPD menunjukkan kesungguhan Lebak dalam melakukan inovasi desa.

”Bursa Inovasi Desa telah dilaksanakan diseluruh kabupaten di Banten. Berbeda dengan kabupaten lain, penyelenggaraan kegiatan di Lebak jauh lebih baik, karena dihadiri oleh bupati, wakil bupati, sekda dan seluruh kades. Ini patut kami apresiasi dan akan menjadi bagian laporan kami pada Menteri PDT,” tuturnya.

Bupati Lebak, Hj. Iti Octavia Jayabaya saat membuka acara kegiatan Bursa Inovasi Desa menyatakan, komitmen kepala desa membangun desa telah dapat dirasakan. Namun demikian, Iti berharap agar para kepala desa di Kabupaten Lebak bisa terus melakukan inovasi dan terobosan baru hingga desanya maju dan berkembang.

“Jangan berhenti teruslah berinovasi, buat terobosan-terobosan hingga desa yang dipimpin kepala desa sekarang ini bisa maju dan berkembang. Terima kasih atas komitmennya dalam membangun desa,” ucapnya.

Bupati Iti juga meyakini, selain Warung Banten dan Cigoong Selatan, seluruh desa di Lebak juga telah melakukan berbagai inovasi bagi pembangunan desa dengan mengoptimalkan seluruh potensi desa yang ada. (Lugay/TS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here