Rabu, 21 November 2018

Drainase Berubah Fungsi, Jadi Tempat Pembuangan Sampah

CILEGON, (KB).- Sejumlah warga sekitar Pasar Kranggot mengeluhkan tumpukan sampah yang memadati drainase di belakang pasar. Warga menilai saluran air tersebut, telah berubah fungsi menjadi tempat pembuangan sampah.

Warga Sukmajaya Saprudin (50) mengatakan, alihfungsi itu sudah berlangsung lama.”Drainase itu katanya tidak berfungsi, makanya banyak orang membuang sampah di situ, tapi saya juga tidak tahu persis . Sampah yang menumpuk itu sudah lama,” katanya.

Ia menuturkan, pada musim hujan, tumpukan sampah tersebut, mengeluarkan bau tidak sedap. Kondisi itu mengundang lalat serta hewan pembawa penyakit berkeliaran. “Kalau dulu nggak seperti ini, dib elakang pasar itu ada semacam tempat penampungan sampah, mobilnya juga rutin sering mengangkut. Tapi drainase ini tidak, malahan seolah dibiarkan begitu saja,” ujarnya.

Hal yang sama dikatakan oleh Suhartini. Walaupun agak jauh dari pemukiman warga, namun ia meminta agar sampah yang ada dalam drainase itu segera diangkut karena bakal membawa penyakit. “Kadang kalua lewat situ, baunya sangat menyengat hidung, saya aja yang pake masker masih bisa tembus apalagi anak-anak sekolah yang sering lewat situ, karena jalan ini yang paling dekat.Kalau muter lebih jauh lagi,” tuturnya.

Ia berharap pemerintah setempat segera menangani hal itu, walaupun pasar,kalua kelihatan bersih maka pengunjung juga akan betah dan masyarakat sekitar juga akan tenang. Dan sampah itu kebanyakan pedagang yang membuang ke drainase tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ujang Iing menyatakan, persoalan sampah pada drainase bukan kewenangannya, akan tetapi pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR). Bahkan hal itu sudah dibicarakan pada saat rapat koordinasi dalam upaya meraih penghargaan piala Adipura.

“Sudah, saya sudah ngobrol dengan Sekretaris DPUTR pak Ridwan terkait masalah sampah beberapa waktu lalu saat rakor terkait Adipura dan sampah dalam drainase bukan kewenangan kami,” katanya.
Menurut dia, kewenangan DLH menangani sampah yang ada dipinggir jalan, di tempat penampungan sampah yang telah disediakan.

“Kewenangan kami bersama pasukan kebersihan mengangkuti sampah secara rutin di tempat-tempat pembuangan sampah umum. Intinya kami siap membantu, asalkan DPUTR mengangkat sampah dari drainase dan kami menyediakan armadanya,”ucap Ujang. (HS)***


Sekilas Info

Al-Khairiyah Terapkan Program Sedekah Madrasah

CILEGON, (KB).- Al-Khairiyah sebagai yayasan sekolah agama terbesar se-Indonesia menetapkan pada Jumat sebagai Hari Sedekah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *