DPRD Kota Serang Siapkan Sejumlah Opsi, Pasar Rau Bisa Dikelola BUMD

Bangunan Pasar Induk Rau (PIR) Kota Serang.*

SERANG, (KB).- Pasar Induk Rau (PIR) dimungkinkan dikelola oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Hal tersebut bisa menjadi salah satu opsi yang ditawarkan DPRD Kota Serang menyikapi berbagai persoalan di PIR saat ini.

Anggota DPRD Kota Serang dari Nasdem Roni Alfanto mengatakan, DPRD Kota Serang pernah merekomendasikan adanya audit independen untuk melihat tingkat likuiditas pengelolaan PIR. Menurut dia, DPRD periode-periode sebelumnya hal tersebut sempat menjadi pembahasan bersama dan sempat dibentuk pansus.

“Nah, setahu saya itu sudah dilakukan. Tapi yang terakhir saya belum monitor. Intinya kami semua ingin pengelolaan Pasar Rau ini lebih baik,” katanya, Senin (9/9/2019).

Ia menuturkan, hasil evaluasi terhadap pengelolaan PIR nanti berpeluang melahirkan beberapa rekomendasi, seperti pemutusan kontrak, perubahan menjadi BUMD atau kembali memperpanjang pengelola. “Bisa jadi (BUMD). Kan peluangnya banyak, yang penting Pasar Rau lebih baik,” ujarnya.

Meski begitu, pembentukan panitia khusus (Pansus) pengelolaan Pasar Induk Rau (PIR) akan dilaksanakan setelah alat kelengkapan dewan (AKD) terbentuk. Saat ini, proses tersebut masih dalam tahap usulan pimpinan ke Gubernur Banten. “Pansus ini akan terbentuk Insya Allah, tapi setelah AKD dulu,” ucapnya.

Menurut dia, hal yang akan dievaluasi pansus, di antaranya terkait memorandum of understanding (MoU) antara Pemkot Serang dengan pihak pengelola, yakni PT Pesona Banten Persada.

Ia menilai, dalam MoU tersebut, ada hak dan kewajiban yang belum dilaksanakan secara baik oleh pengelola. “Tentunya, kami lihat secara utuh, salah satunya PAD yang disetorkan ke pemkot belum maksimal. Terlebih, pengelolaan PIR sudah tiga kali berturut-turut menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK),” tuturnya.

Ia meyakini, partai-partai yang ada di DPRD akan sepakat untuk membentuk pansus terkait pengelolaan PIR. “Kami yakin, karena memang partai-partai lain akan mendukung untuk mencarikan soluasi PIR lebih haik. Saya yakin teman-teman juga sepakat,” kata calon Wakil Ketua DPRD Kota Serang tersebut. (Masykur/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here