DPRD Kota Cilegon Bisa 4 Komisi

CILEGON, (KB).- Meski rekapitulasi perolehan suara pemilu legislatif (pileg) 2019 belum selesai, sejumlah calon legislatif (caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon yang optimistis bisa duduk di kursi parlemen mulai mewacanakan adanya penambahan komisi di lembaga legislatif Kota Cilegon menjadi 4 komisi.

Hal tersebut seiring dengan penmbahan jumlah kursi DPRD Kota Cilegon yang telah ditetapkan sebanyak 40 kursi anggota. Jika pada periode 2014-2019 kursi DPRD Kota Cilegon berjumlah 35 kursi, maka pada periode 2019-2014 dengan jumlah kursi 40 anggota dewan, akan ditambah satu komisi, menjadi 4 komisi.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Cilegon Baihaki Sulaiman mengatakan, penambahan di DPRD Kota Cilegon mengiringi penambahan jumlah kursi anggota dewan.

”Jadi, secara jumlah ada penambahan kursi, yang tadinya 35 bertambah 5 menjadi 40 kursi. Saya kira memang harus ada penambahan komisi yang tadinya 3 menjadi 4,” katanya kepada Kabar Banten, Kamis (2/4/2019).

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut menuturkan, penambahan komisi merupakan salah satu perencanaan yang ideal sebagai penguatan tupuksi anggota dewan. “Masing-masing komisi nanti anggotanya bisa berjumlah 9 atau 10 orang,” ujarnya.

Kemudian, untuk mitra kerja bisa saja mengalihkan dari komisi yang jumlahnya terlalu banyak. Menurut dia, sebelum menuju pembentukan komisi seluruh anggota dewan yang dilantik akan berkumpul. Kemudian, akan ada pimpinan sementara yang akan membentuk pimpinan definitif.

Sementara itu, Ketua Fraksi Nasdem Erick Rebiin mengatakan, setelah pelantikan tidak akan langsung bekerja, melainkan menunggu hasil rapat pimpinan atau pengesahan aturan. “Karena memang semuanya butuh proses, sehingga nanti 40 anggota dewan bersama-sama bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku,” tuturnya. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here