DPRD Kabupaten Serang Umumkan Fraksi & Calon Pimpinan Definitif

SERANG, (KB).- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Serang telah mengumumkan nama-nama fraksi dan calon pimpinan definitif periode 2019-2024 dalam rapat paripurna dengan agenda penetapan fraksi, Rabu (18/9/2019). Akan tetapi, pada agenda tersebut, struktur Fraksi Partai Demokrat diketahui masih kosong.

Ketua DPRD Sementara Kabupaten Serang Bahrul Ulum mengatakan, dari informasi yang diterimanya, bahwa surat keputusan (SK) dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat baru akan turun. Oleh karena itu, meskipun belum keluar komposisi struktur fraksi, pihaknya memastikan tidak akan mengganggu tahapan selanjutnya.

“Jadi, Partai Demokrat dari DPP-nya terkait komposisi struktur fraksi belum keluar, ya tetap kami umumkan saja nama fraksinya dan di paripurna ke depan jika SK dari DPP Partai Demokrat sudah turun ya tinggal menyusulkan saja pengumumannya,” katanya kepada wartawan, Rabu (18/9/2019).

Menurut dia, terkait penetapan calon pimpinan, setelah paripurna tersebut, pihaknya akan berkirim surat ke Gubernur Banten melalui Bupati Serang untuk kemudian diterbitkan SK pimpinan DPRD sebanyak empat orang.

Setelah SK tersebut turun baru diagendakan untuk paripurna pengambilan sumpah. “Waktunya bergantung pak gubernur, tapi mudah-mudahan cepat,” ujarnya.

Namun, dia menjelaskan, setelah pembentukan pimpinan definitif dilantik, maka selanjutnya akan langsung bergerak ke pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD). Sebab, di AKD itulah pintu masuk untuk melakukan kerja-kerja di DPRD.

“Jadi, sebelum ada pimpinan defintif anggota dewan masih gini-gini saja, belum bisa melakukan tiga fungsi tugas DPRD, belum bisa melakukan penyerapan anggaran, karena kewenangannya ada di pimpinan definitif,” ucapnya.

Sementara, Wakil Ketua I Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Toni Nasroni menuturkan, pihaknya berharap, semua pihak bisa bersabar menunggu SK untuk ketua fraksi dari DPP Partai Demokrat. Adapun untuk anggota semuanya sudah diumumkan nama-namanya.

“Sabarlah toh dalam aturan setelah dilantik itu satu bulan proses pembentukan fraksi dan AKD. Dalam arti tidak menghambat teman-teman di lembaga,” tuturnya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here