DPRD Banten Diprediksi Diisi Banyak Wajah Baru

SERANG, (KB).- Kursi DPRD Banten diprediksi banyak kedatangan wajah baru dari beberapa partai politik (parpol). Selain banyak dari petahana yang naik tingkat mencalonkan DPR RI, tidak sedikit juga petahana yang terancam kehilangan kursi atau tidak mampu bersaing untuk mempertahankan kursinya di legislatif Banten.

DPD Partai Demokrat salah satu parpol yang berpeluang melahirkan wajah baru di kursi parlemen tingkat Provinsi Banten, menyusul beberapa kadernya yang nyaleg naiki tingkat. Meski demikian, perhitungan petahana dan wajah baru yang berpotensi lolos ke DPRD Banten dari partainya cukup berimbang.

“Di antaranya berasal dari anggota dewan kabupaten/kota. Ada ya beberapa (wajah baru) fifty-fifty sama wajah lama. Karena, memang kita ada wajah lama, misalnya di dapil Tangerang B tadinya kita enggak punya kursi sekarang ada, TA pak WH (Gubernur Banten) pak Jazuli. Ada juga di Lebak kan target kursi itu wajah baru Ketua DPC (Demokrat Lebak),” kata Ketua Bapilu Banten Azwar Anas, Kamis (25/4/2019).

Ia memprediksi jumlah kursi yang bisa diraih Demokrat di DPRD Banten kurang lebih mencapai 10 kursi, naik dua kursi dari Pemilu 2014 sebanyak 8 kursi. “Untuk saat ini kami masih aman, pimpinan aman. 10 kursi, beda dengan pileg kemarin pileg kemarin 8,” ujarnya.

Ia menuturkan, perolehan kursi DPRD Banten pada pemilu tersbeut, belum sesuai target, karena Partai Demokrat tidak tekena dampak dari pemilih presiden. “Pertama Demokrat tidak ada kader yang jadi capres, jadi tidak ada ekor jas suara. Sampai hari ini ada (capres kader) Gerindra ya ekor jasnya ke Gerindra sendiri. Tapi itu tidak terjadi kepada PDIP juga ya,” ucapnya.

Akan tetapi, perolehan suara partai berlambang mercytersebut, sudah cukup signifikan jika dibanding tahun lalu. “Contoh, di Cilegon itu kami hampir saja dapat (kursi) untuk (DPRD) provinsi. Target kami kan dapat, ternyata meleset. Tapi dewan kota (Cilegon), kami dapat sekarang 3 kursi,” katanya.

Menurut pantauannya, Partai Demokrat mendapat perolehan kursi yang hampir merata di semua kabupaten/kota di luar Kota Cilegon. “Jadi, semua dapat kecuali Cilegon, tapi masih dalam perhitungan. Pada dasarnya, keputusan itu diputuskan KPU. Kita hanya prediksi suara kita. Cuma memang bisa dinilai sendiri perolehan sendiri berapa jumlahnya,” tuturnya.

Bukan hanya Partai Demokrat, potensi wajah baru juga datang dari Partai Gerindra yang pemilu kali ini meraih suara sangat signifikan dan berpotensi merebut kursi pimpinan dewan. Meski demikian, caleg yang berpotensi lolos dari partainya beragam antara petahana dan wajah baru.

Sekretaris DPD Gerindra Banten Andra Soni menuturkan, pihaknya masih belum mengetahui siapa saja nama-namanya, karena perhitungan belum rampung. “Belum selesai ya, kami di kisaran 17 atau 14 (kursi DPRD Banten) lah. Itu juga belum selesai, maksimal 18 (kursi),” tuturnya.

Perolehan kursi merata di seluruh kabupaten/kota se-Banten. Pada dapil yang memiliki jatah delapan kursi, pihaknya hampir dipastikan mendapatkan dua kursi. “Tapi percisnya belum yah. Mungkin besok (hari ini) baru bisa rilis,” ucapnya.

Terkait suara Partai Gerindra yang cukup signifikan di Banten, dia mengatakan, hal tersebut menunjukkan Partai Gerindra mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. “Proses sosialisasinya karena berbarengan dengan pilpres. Kami juga bisa lihat juga hasilnya pak Prabowo menang di Banten,” katanya. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here