DPMPTSP Kabupaten Serang Temukan Perusahaan Langgar IMB

SERANG, (KB).- Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Serang mengawasi delapan perusahaan yang diduga melanggar aturan izin mendirikan bangunan (IMB). Empat perusahaan di antaranya dinyatakan menyalahi aturan IMB dan diminta mengurus dokumen untuk memenuhi aturan IMB.

Kepala Seksi (Kasi) Pengawasan dan Pengendalian pada DPMPTSP Kabupaten Serang Sentot mengatakan, pihaknya melakukan pengawasan terkait IMB ke delapan perusahaan. Dari pengawasan tersebut, empat perusahaan di antaranya ditemukan menyalahi aturan IMB.

Pembangunan di perusahaan tersebut, tidak sesuai site plan, ada tambahan bangunan di sekitar perusahaan. “Temuan itu didapat pada triwulan pertama tahun 2019,” katanya kepada wartawan, Jumat (12/7/2019).

Ia menuturkan, mayoritas perusahaan tersebut, berada di Kawasan Serang Timur dan beberapa di Serang Barat. Perusahaan yang belum menyelesaikan persoalan IMB-nya diminta segera mengurus izinnya secara online.

Sebab, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik. Saat ini, sistem mengurus perizinan melalui online dan langsung diurus Pemerintah Pusat.

“Tapi yang empat perusahaan ini sudah mau menyelesaikan dan sebentar lagi selesai,” ujarnya.

Menurut dia, perusahaan yang menyalahi aturan IMB tersebut, saat ini sedang mengurus dokumen kelengkapan untuk menyelesaiakan masalah IMB. Sebab, persoalannya terkait luasan bangunan tidak sesuai IMB dan tidak sesuai dengan site plan.

“Namun, setidaknya perusahaan yang belum menyelesaikan tersebut, sudah memiliki itikad untuk mengurus persoalannya,” ucapnya.

Ia menuturkan, jika perusahaan tidak menjalankan sesuai prosedur, maka pihaknya akan menindaklanjuti hal tersebut. Sementara, pihak yang berperan mengambil tindakan, yakni Satpol PP Kabupaten Serang untuk melakukan eksekusinya.

“Tapi, rata-rata mereka (perusahaan) menindaklanjuti adanya persoalan dan akan segera menyelesaikan,” tuturnya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here