Minggu, 24 Juni 2018
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (DPMPD) Pandeglang, Taufik Hidayat.

DPMPD Segera Panggil Kepala Desa Sindanglaut

PANDEGLANG, (KB).- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pandeglang segera memanggil Kepala Desa Sindanglaut, Carita yang memecat enam aparatur desanya tanpa alasan jelas. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa (DPMPD) Pandeglang, Taufik Hidayat mengatakan, tindakan kades memecat pegawainya tanpa ada alasan. Hal itu bisa melanggar aturan.

Sebab, dalam Permendagri Nomor: 67 tahun 2017 tentang Perubahan Perangkat Desa dan Perbup Nomor 81 Tahun 2016 tentang perangkat desa menyebutkan Kades dilarang memberhentikan atau merombak struktur perangkat desa tanpa alasan jelas.

“Ya, kalau benar seorang kades memecat aparaturnya tanpa ada alasan jelas bisa melanggar Permendagri dan Perbup. Namun saja dalam aturan itu tidak disebutkan sanksi terhadap Kades yang melakukan pelanggaran,” kata Kepala DPMPD Pandeglang, Taufik Hidayat kepada Kabar Banten, Jumat (9/2/2018).

Baca Juga: Kepala Desa Pecat Enam Pegawai Desa

Dalam Permendagri maupun Perbup, lanjut Taufik, seorang aparatur desa bisa diberhentikan apabila meninggal dunia, mengajukan permohonan, dan diberhentikan jika melakukan pelanggaran. Karena tidak ada sanksi mengatur Kades yang melanggar aturan tersebut, maka DPMPD akan melakukan pembinaan.

Selain itu, DPMPD akan memanggil kades yang diduga melanggar aturan. Pemanggilan tersebut untuk mengklarifikasi soal alasan pemecatan enam Aparatur Desa Sindanglaut,” ujarnya. Ia mengatakan, sebetulnya kades tidak harus memecat enam aparaturnya. Sekalipun dia melanggar harus diberikan teguran karena ada aturan dan mekanismenya. (IF)***


Sekilas Info

Halal Bihalal Pererat Silaturahim PDAM Pandeglang

Untuk mempererat silaturahim dan menjalin sinergitas baik pegawai, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Berkah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *