Sabtu, 17 November 2018

DPD Hanura Banten Setuju Pemecatan OSO

SERANG, (KB).- DPD Partai Hanura Provinsi Banten merupakan salah satu daerah yang menyetujui pergantian Ketua Umum DPP Partai Hanura, Oesman Sapta Odang. Alasannya, karena pria yang akrab disapa OSO ini dianggap sudah tidak pantas lagi melanjutkan jabatannya sebagai Ketua Umum partai besutan H. Wiranto tersebut.

Ketua DPD Partai Hanura Banten, Eli Mulyadi, mengatakan, bahwa pihaknya berada diantara 27 DPD Hanura se-Indonesia yang mengusulkan pergantian OSO. Oleh karena itu, menurut dia, perlu kiranya segera dilakukan langkah pasti untuk pergantian tersebut. “Kami sudah menyatakan bahwa harus ada pergantian kepemimpinan, berarti setuju (terhadap pergantian OSO),” katanya, Selasa (16/1/2018).

Disinggung terkait gejolak partai yang kian memanas, pria yang juga Anggota DPRD Provinsi Banten ini, berharap Ketua Dewan Pembina sekaligus pendiri partai Hanura, Wiranto, segera turun tangan dengan cara mengambil alih kebijakan partai.”Kami menegaskan karena pak Wiranto adalah pendiri dan tokoh sentral sebagai marwah partai Hanura, kami berharap agar bapak turun tangan,” tuturnya.

Keterlibatan Wiranto dalam gejolak tersebut sangat diperlukan demi menyelematkan partai, terlebih untuk menjaga kondusifitas saat verifikasi faktual oleh KPU juga untuk pemenangan Pilkada serentak dan Pileg 2019. “Untuk menurunkan tensi politik ini, kami menyarankan Ketua Dewan Pembina untuk dapat segera mengendalikan dan mengambil alih terlebih dahulu Partai Hanura? berdasarkan AD/ART,” katanya.

Menurutnya, dinamika yang terjadi dalam tubuh partai politik merupakan sesuatu yang biasa. Namun, dinamika tersebut harus dipastikan tidak sampai berdampak pada perpecahan. “Kalau sudah menjurus pada perpecahan kepengurusan, tentunya sangat berbahaya bagi kelangsungan Partai Hanura kedepan,” katanya.

Gelar munaslub

Sementara itu, Partai Hanura kubu Sarifuddin Sudding atau yang mendukung dengan pencopotan OSO dari ketua umum, akan menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub), pekan ini. “Dalam Minggu ini, kami akan menggelar Munaslub,” ujar Sudding kepada wartawan di Kantor DPP Partai Hanura, Cipayung, Jakarta Timur, dilansir okezone, Selasa (16/1/2018).

Ia menjelaskan, bahwa pengurus DPD telah bertemu dengan ketua dewan pembina Wiranto pada hari ini. Dimana beliau memberikan arahan, agar menyelesaikan masalah partai ini, sesuai dengan AD/ART.”Jadi kalau didasarkan pada AD/ART tentunya sesuai dengan pasal 16 lewat mekanisme Munaslub atas adanya mosi tidak percaya oleh 27 DPD dan kurang lebih ada 418 DPC,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Partai Hanura, Wiranto berjanji akan menyelesaikan masalah pemecatan Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO) oleh pengurus partai, karena dinilai telah melakukan pelanggaran terhadap anggaran rumah tangga partai dan prinsip-prinsip nilai perjuangan partai.

“Bahwa ini, sangat disesalkan tapi bukan berarti ini tidak bisa diselesaikan, akan kita selesaikan,” tegas Wiranto usai memimpin Rapat Sosialisasi Penataan Sungai Citarum, di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Selasa (16/1/2018). Ia menuturkan Partai Hanura memiliki anggaran dasar dan anggaran rumah tangga serta punya sistem dalam menyelesaikan masalah yang ada di tubuh partai.”Partai Hanura juga punya istilahnya yang kita sebut satu mekanisme bahwa setiap masalah diselesaikan di tingkat tingkatan yang tepat,” kata dia.

Selain itu, lanjut Wiranto, Partai Hanura juga punya pakta intergritas sebagai salah satu bagian untuk menyelesaikan masalah politik yang ada.”Jadi kembali tadi kita sesalkan itu tapi sudah terjadi tinggal bagaimana kita menyelesaikan dengan cara cara baik. Itu secara teknis, tapi yang penting bagaimana menjaga marwah partai ini agar tetap eksis memmberikan kontsribusi dalam pembangunan politik nasional,” tuturnya. (SN)***


Sekilas Info

Jika Tetap di Rp 40 Miliar, Pemkab Serang akan Mengembalikan Bankeu

SERANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang tetap akan mengembalikan bantuan keuangan (Bankeu) dari provinsi jika tetap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *