DPAD Kabupaten Serang Canangkan Desa Percontohan Gemar Membaca

SERANG, (KB).- Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Serang menunjuk Desa Tanjung Sari, Kecamatan Pabuaran untuk menjadi desa percontohan gemar membaca. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat.

Kepala DPAD Kabupaten Serang, Hamdani mengatakan, penetapan desa percontohan tersebut, merupakan inisiatif dirinya. Untuk saat ini, baru Desa Tanjung Sari yang ditetapkan sebagai desa percontohan. “Kalau semuanya ada 29 tersebar di tiap kecamatan,” katanya kepada Kabar Banten, Senin (19/11/2018).

Ia menuturkan, desa percontohan tersebut bertujuan, untuk meningkatkan minat baca masyarakat. “Jadi, kami jemput bola tingkatkan pelayanan perpustakaan kepada masyarakat,” ujarnya. Sebab, perlu diketahui, jika minat membaca masyarakat Kabupaten Serang saat ini memang masih rendah. “Jadinya jemput bola,” ucapnya.

Ia menjelaskan, dengan dibentuknya sebagai desa percontohan, maka sarana dan prasarana yang berkaitan dengan perpustakaan akan ditingkatkan. “Koleksi buku di sana akan di-sesuaikan dengan kondisi desa, misal desa tani, pantai atau industri. Mudah-mudahan dengan disediakan buku sesuai kondisi wilayah bisa menarik masyarakat, untuk membaca,” tuturnya.

Menurut dia, ada beberapa alasan dipilihnya Tanjung Sari sebagai desa percontohan. Pertama, karena di desa tersebut, terdapat perpustakaan desa dan ada pengelolanya. Kedua, ada anggota kelompok tani yang gemar membaca di sana dan kemudian berhasil mengaplikasikan ilmunya untuk kehidupan sehari-hari.

“Terus di sana juga biar terpencil, tapi sarana pendidikannya lengkap dan warganya juga mendukung,” katanya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here