Rabu, 21 Februari 2018

DP3AKB ”Roadshow” Kampung Keluarga Berencana

CILEGON, (KB).- Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Cilegon melakukan roadshow Kampung Keluarga Berencana (KB) di Lingkungan Pasir Angin, Kelurahan Cikerai, Kecamatan Cibeber, Senin (12/2/2018). Kepala DP3AKB Kota Cilegon, Heni Anita Susila mengatakan, roadshow Kampung KB tersebut merupakan yang pertama, rencananya akan mengunjungi lingkungan lainnya yang ditunjuk sebagai Kampung KB.

“Ada sembilan Kampung KB yang akan kami kunjungi, nanti kami akan melaksanakan roadshow, untuk pertama ini ke wilayah Kelurahan Cikerai dan Lingkungan Pasir Angin yang ditunjuk sebagai Kampung KB,” katanya. Menurut dia, Kampung KB dicanangkan pertama kali oleh Presiden Joko Widodo di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Kamis (14/1/2016).

Program tersebut, merupakan tindak lanjut arahan Presiden, agar manfaat Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dirasakan langsung oleh masyarakat, terutama di wilayah miskin, padat penduduk, tertinggal, terpencil, dan wilayah nelayan untuk memaksimalkan program tersebut. Maka, pihaknya membentuk kelompok kerja (pokja) di setiap Kampung KB.

“Kami membentuk pengurus pokja dengan melibatkan tokoh masyarakat dan para kader. Kampung KB diharapkan akan membuat program KB bergema kembali dan dapat menjangkau masyarakat, terutama yang berada di dusun dan kampung-kampung di seluruh Indonesia, khususnya di Kota Cilegon,” ujarnya.

Ia menuturkan, penggarapan program pembangunan berbagai sektor terkait di Kampung KB tersebut, diharapkan dapat dilakukan seluruh masyarakat dengan fasilitas dari camat, kepala kelurahan, ketua RW, ketua RT, penyuluh KB, PKK, institusi masyarakat perdesaan (IMP), tokoh masyarakat, kader, serta lintas sektor terkait.

“Keikutsertaan masyarakat sangat didorong, agar kegiatan-kegiatan prioritas pembangunan dapat terimplementasikan dan manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Kampung KB dibuat bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam upaya peningkatkan kualitas hidupnya, sehingga memiliki ketahanan dan kesejahteraan yang lebih baik. Kalau target semua 43 kelurahan, mungkin bertahap,” ucap mantan Sekretaris Dispora tersebut.

Sementara itu, Lurah Cikerai, Astari mengatakan, mendukung program Kampung KB, sehingga dengan memiliki keluarga yang berkualitas, baik dari segi jumlah atau dari segi pola kehidupan, diharapkan dapat menciptakan manusia Indonesia yang berkualitas di masa yang akan datang. Keluarga, adalah unit terkecil dari sebuah negara dan merupakan awal tempat belajar bagi anak sebagai generasi penerus bangsa.

“Manfaat Kampung KB selain bisa mengentaskan kemiskinan, juga mendekatkan pembangunan kepada masyarakat. Intinya program ini melibatkan semua sektor pembangunan. Kesadaran untuk memiliki kehidupan yang lebih berkualitas harus dapat lebih ditanamkan di masyarakat, salah satunya dengan program Kampung KB,” tuturnya. (HS)*** 

Manfaat Kampung KB

Kampung KB merupakan satuan wilayah setingkat RW, dusun atau setara yang memiliki kriteria tertentu di mana terdapat keterpaduan program KKBPK yang dilakukan secara sistemik dan sistematis.

Manfaat Kampung KB selain bisa mengentaskan kemiskinan, juga mendekatkan pembangunan kepada masyarakat. Intinya program tersebut melibatkan semua sektor pembangunan. Dengan kata lain, Kampung KB tak hanya berbicara terkait membatasi ledakan penduduk, tetapi juga memberdayakan potensi masyarakat, agar berperan nyata dalam pembangunan.

Manfaat lain, adalah membangun masyarakat berbasis keluarga, menyejahterakan masyarakat, serta memenuhi kebutuhan masyarakat melalui pelaksanaan integrasi program lintas sektor. Pembangunan lintas sektor dan kemitraan melibatkan peran berbagai pihak, seperti swasta, provider, dan pemangku kepentingan lainnya.

Integrasi lintas sektor, berupa pelayanan terpadu antarsektor yang menjadi kebutuhan masyarakat, seperti pelayanan KB, pelayanan pembuatan akta, pembangungan jalan dan jembatan, pembuatan KTP, penyediaan buku-buku bacaan, Posyandu, PAUD, P2WKSS, dan lain-lain.*


Sekilas Info

Jaringan Pengedar Sabu Cilegon-Serang Ditangkap

CILEGON, (KB).- Satuan Narkoba (Satnarkoba) Kepolisian Resor (Polres) Cilegon berhasil mengungkap jaringan pengedar sabu-sabu Cilegon-Serang. Lima …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *