Sabtu, 15 Desember 2018
Rektor Universitas Bina Bangsa, Furtasan Ali Yusuf saat memberikan sambutan pada workshop penyusunan Rencana Pembelajaran Semester, di Auditorium Uniba, Senin (3/12/2018).*

Dosen Uniba Diminta untuk Menulis

SERANG, (KB).- Universitas Bina Bangsa (Uniba) menyelenggarakan workshop penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), di Auditorium Uniba, Senin (3/12/2018). Workshop tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat dosen untuk menulis.

Rektor Uniba Furtasan Ali Yusuf mengatakan, kegiatan workshop itu untuk para dosen, karena perlu adanya peningkatan kapasitas dosen dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kualitas rencana pembelajaran semester.

“Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari 3-4 Desember 2018. Tidak hanya pada workshop rencana pembelajaran semester saja, tapi juga akan menghadirkan penerbit agar para dosen juga menulis dan menghasilkan sebuah buku,” kata Furtasan kepada Kabar Banten.

Pria yang juga anggota DPRD Kota Serang ini menjelaskan, menulis sebuah buku akan terasa sulit jika tidak terbiasa. Namun kalau sudah terbiasa hal itu akan menjadi mudah dan akan terus berlanjut. “Dosen harus terbiasa menulis agar menghasilkan sebuah karya dalam bentuk sebuah buku, buku tersebut akan menjadikan buku ajar,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Uniba Naufal Affandi mengatakan, workshop tersebut sebagai upaya meningkatkan kualitas pada proses pembelajaran bagi dosen yang mengampu mata kuliah.

“Selain untuk meningkatkan mutu pada proses pembelajaran, juga bertujuan untuk meningkatkan kualifikasi dosen itu sendiri. Kami akan memenuhi proses pembelajaran, standar proses pembelajaran itu mutu standar pendidikan tinggi,” katanya.

Ia berharap, mudah-mudahan dosen pengampu dapat menyajikan RPS tersebut karena merupakan tanggung jawab. Selain itu, diharapkan dosen pengampu dapat menyusun rencana pembelajaran semester.

“Ini menjadi sebuah syarat untuk mereka mengajar yang harus dipenuhi. Kami melakukan monitoring pada 3 semester ke belakang, baik administrasi pembelajaran dosen dan hasil pembelajaran. Nantinya pada awal semester apakah dosen sudah merencanakan proses pembelajaran atau belum. Kemudian pada semester akhir akan kami lakukan monitoring,” katanya. (DE/YA)*


Sekilas Info

UIN SMH Banten Lepas 550 Wisudawan

SERANG, (KB).- Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanudin (SMH) Banten melepas 550 wisudawan dan wisudawati …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *