Dosen Uniba Didorong Tingkatkan Kualitas Penelitian

Dosen Uniba foto bersama usai mengikuti seminar hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat, di ruang rapat rektor Uniba, beberapa waktu lalu.*

SERANG, (KB).- Dosen Universitas Bina Bangsa (Uniba) didorong meningkatkan kualitas dan hasil penelitian. Sebab, kualitas dan hasil penelitian menjadi salah satu tolok ukur capaian akademik yang memengaruhi kualitas perguruan tinggi.

“Kami berharap dosen Uniba dapat mengusulkan proposal, sehingga semakin banyak dosen bisa mendapatkan hibah. Hal itu juga dapat mengembangkan diri mereka melalui penelitian pengabdian kepada masyarakat, sebagai implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi serta mengoptimalkan peran fungsi dan tugas dosen,” kata Kepala Bagian (Kabag) Penelitian Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Ardi Hidayat Ardi di Uniba, Sabtu (4/1/2020).

Pada 2019, kata dia, sebanyak lima dosen Uniba mendapatkan skema hiba penelitian dan satu tim dosen melalui skema pengabdian pada masyarakat. Hal itu merupakan bentuk keseriusan dosen dalam mengimplentasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Kami ingin memberikan pemahaman kepada dosen baik dari teknis penulisan dan gambaran mengenai proposal hibah penelitian dan pengabdian pada masyarakat (PPM), sehingga kami berharap banyak dosen yang mendapatkan dana hibah melalui proposal yang mereka usulkan,” katanya.

Sementara itu, Ketua LP2M Uniba Abdul Rauf Chaerudin mengatakan, setiap perguruan tinggi dapat mengelola dan mengembangkan road map penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Sehingga, pimpinan perguruan tinggi dan dosen harus saling bersinegri untuk memenuhi standar penelitian dan PPM.

“Kami berharap pada 2020 target memperbaiki rangking dan kluster perguruan tinggi khususnya di penelitian dan PPM bisa tercapai,” tuturnya. (DE/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here