Dosen Teknik Unsera Bentuk Kelompok Wirausaha

Tim Dosen Fakultas Teknik Universitas Serang Raya melakukan pengabdian masyarakat melalui Program Kemitraan Masyarakat Stimulus, yang diselenggarakan di Lingkungan Karang Bolong, Kelurahan Randakari, Kecamatan Ciwandan, Jumat (6/9/2019).*

CILEGON, (KB).- Tim Dosen Fakultas Teknik Universitas Serang Raya (Unsera) melakukan pengabdian masyarakat melalui Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS), yang diselenggarakan di Lingkungan Karang Bolong, Kelurahan Randakari, Kecamatan Ciwandan, Jumat (6/9/2019).

Kegiatan tersebut membentuk kelompok wirausaha Teh Kombucha, yang diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dosen Program Studi (Prodi) Teknik Kimia Fakultas teknik Unsera Nina Arlofa mengatakan, pengabdian masyarakat tersebut merupakan bantuan Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Untuk melakukan program kemitraan yakni dalam membantu masyarakat untuk berwirausaha salah satunya memproduksi teh kombucha.

“Kami bersama tim yakni Arifina Febria Sari dari Teknik Kimia dan Dadi Cahyadi dari Teknik Industri memberikan penyuluhan tentang teh kombucha. Teh tersebut yang merupakan fermentasi dari teh dengan gula, yang kemudian ditambahkan starter kultur kombucha yang disebut scoby. Minuman tersebut sangat baik bagi kesehatan. Diharapkan melalui minuman ini bisa menjadi peluang usaha,” kata Nina kepada Kabar Banten.

Ia mengatakan, pihaknya juga melakukan pendampingan dari program pengabdian masyarakat untuk melihat peluang ekonomi dari pembuatan teh kombucha, baik secara online ataupun offline. Saat ini sudah berhasil memproduksi 14 galon teh kombucha, setiap galon memiliki kapasitas 14 liter, sehingga total produksi yakni 196 liter.

“Teh kombucha dipasarkan dalam bentuk siap saji dalam gelas dan dalam kemasan botol. Gelas kecil yang berisi 125 ml, 250 ml. Kami berharap produksi tersebut semakin bertambah dan pemasaran semakin meluas, sehingga program pengabdian ini lebih terasa manfaatnya bagi masyarakat desa dan masyarakat lingkungan kampus,” tuturnya. (DE/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here