Dosen Diminta Terapkan Sistem ‘Blended Learning’

Prodi Magister Pembelajaran menggelar workshop pengembangan bahan ajar dan pembelajaran berbasis ICT, di Gedung Pascasarjana Untirta, Rabu (14/8/2019).*

SERANG, (KB).- Program Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mendorong dosen-dosen untuk menerapkan sistem blended learning. Alasannya untuk mengharuskan dosen terus berinovasi dalam pembelajaran. Hal tersebut diungkapkan Direktur Pascasarjana Untirta Suherman, di Gedung Pascasarjana Untirta, Rabu (14/8/2019).

“Perguruan tinggi memerlukan konstruksi pembelajaran dengan pendekatan desain blended learning. Salah satunya dengan pembelajaran yang mengombinasikan berbagai sumber, media, bahan, metode belajar dapat secara signifikan meningkatkan pengalaman belajar bagi mahasiswa,” kata Suherman kepada Kabar Banten.

Ia menjelaskan, Program studi (Prodi) Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Untirta memberikan kesempatan blended learning, sebagai pilihan bagi mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan. Pihaknya ingin memberikan kesempatan bagi dosen menggunakan sistem pelatihan, untuk menyusun materi perkuliahan dan modul pembelajaran.

“Pelaksanaan blended learning akan diterapkan pada tahun ajaran akademik 2019/2020. Serta kami juga memfasilitasi Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi di lingkungan Pascasarjana, untuk mengikuti pelatihan daring yang telah bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Pendidikan Penjamin Mutu (LP3M) Untirta,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Program Studi Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Untirta Luluk Asmawati mengatakan, melalui blended learning dosen diharapkan dapat memberikan tantangan kepada mahasiswa untuk menganalisis materi perkuliahan. Mahasiswa diberikan otonomi untuk memilih sumber belajar dari berbagai negara.

“Mahasiswa mampu menganalisis dan mengimplementasi pembelajaran dari berbagai negara, serta mahasiswa mampu mendeterminasi kelebihan-kelebihan tersebut yang dapat diterapkan dalam perkuliahan,” katanya. (DE/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here