Dosen Diminta tak Bebani Mahasiswa Banyak Tugas, Perkuliahan Daring Harus Berjalan Aktif

SERANG, (KB).- Akademisi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Primagraha Rozi El Rozy meminta dosen tidak membebani mahasiswa dengan banyak tugas dalam masa perkuliahan dalam jaringan (daring). Akan tetapi, membuat interaksi dalam proses perkuliahan daring harus berjalan sangat aktif.

“Kalau perkuliahan online menjadi dikeluhkan mahasiswa, karena dosen terlalu banyak memberikan tugas, sebenarnya itu soal metode mengajar saja. Kalau dosen yang menganggap tugas sebagai metode yang tepat, itu bisa dilakukan. Tapi kalau dianggap tidak tepat, jangan diterapkan, ganti dengan metode belajar yang interaktif,” kata Rozi kepada Kabar Banten, Senin (30/3/2020).

Ia menjelaskan, perkuliahan online di beberapa kampus saat ini sebetulnya pilihan yang ditawarkan pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi. Dengan melihat kondisi penyebaran wabah virus corona atau corona virus disease (Covid-19) begitu massif, maka perkuliahan daring menjadi solusinya. Kemudian kampus-kampus dapat menerapkan perkuliahan daring dengan media ataupun aplikasi yang digunakan.

“Saya mengharapkan kepada dosen-dosen agar memberikan tugas kepada mahasiswa juga dilihat dari konteksnya, jangan terlalu membebani mahasiswa dengan banyak tugas,” ujarnya.

Ia menuturkan, pihaknya dalam melakukan perkuliahan online dengan menggunakan aplikasi Zoom. Disesuaikan dengan jam mata kuliah, kalau di jadwalnya 150 menit maka dilaksanakan sesuai dengan waktunya. Dalam menggunakan aplikasi tersebut, sangat mudah dilakukan serta dapat memantau mahasiswa yang mengikuti perkuliahan online satu persatu. Bagaimana pun proses belajar mengajar tidak boleh berhenti.

“Mereka berinteraksi dalam proses perkuliahan serta berlangsung sangat aktif. Saya berharap dengan perkuliahan online mahasiswa dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, jikapun diperpanjang mahasiswa juga harus siap dengan kondisi perpanjangan kuliah online. Sudah kewajiban kampus memberikan pelayanan kepada mahasiswa agar proses belajar mengajar tetap berjalan,” tuturnya. (DE/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here