Dorong Munaslub Gantikan Setnov, Golkar Banten Usul Calon Tunggal

SERANG, (KB).- DPD Golkar Provinsi Banten mengusulkan kepada DPP Golkar agar segera menggelar musyawarah nasional luar biasa (Munaslub) untuk menggantikan Ketua Umum non-aktif Setya Novanto. Golkar Banten juga mengusulkan agar ketua umum nanti dari calon tunggal yang dipilih secara aklamasi.

Usulan tersebut mencuat setelah dilakukan rapat pleno DPD Banten dengan 8 DPD kabupaten/kota yang dipimpin Ketua DPD Golkar Banten Ratu Tatu Chasanah, di sebuah hotel di Kota Serang, Senin (4/12/2017). “Pleno hari ini diperluas dengan pimpinan DPD kabupaten/kota yang menghasilkan bahwa satu suara. Kami sepakat usulkan munaslub,” kat Sekretaris DPD Golkar Banten, Bahrul Ulum, kepada wartawan seusai pleno.

Terkait usulan ini, DPD Golkar Banten akan melakukan komunikasi ke DPP Golkar. Diharapkan, usulan munaslub tersebut memenuhi 2/3 dari jumlah DPD. “Mekanismenya, (munaslub) bisa diselenggarakan kalau sudah 2/3 DPD provinsi mengajukan. Tapi itu bukan final, nanti ada pembahasan di DPP yang memutuskan. Langkah-langkah selanjutnya DPD kabupaten/kota memberikan mandat ke DPD provinsi komunikasi ke DPP, untuk Komunikasi politik lanjutan,” kata Ulum.

Ulum mengungkapkan, sebelum dilakukan munaslub dimungkinkan digelar rapimnas terlebih dahulu. Sebab, pada Rapimnas di Novotel Balikpapan Mei 2017 lalu diputuskan tidak akan ada agenda munaslub. “Rapimnas sebelumnya kan tidak diusulkan munaslub. Maka yang bisa mencabut itu rapimnas kembali. Jadi sebelum munaslub mungkin didahului rapimnas untuk mencabut hasil rapimnas yang lalu. Tapi itu ranahnya DPP yang memutuskan,” kata Ulum. Disinggung soal calon pengganti Setnov, Ulum menjelaskan Golkar Banten mengusulkan agar calon Ketua Umum Golkar nanti hanya ada satu calon. Alasannya, agar tidak ada yang merasa sakit hati jika nanti tidak terpilih.

“Pleno tadi kita sepakati tidak bicara figur dulu. Dalam pleno Berkembang, menghendaki munaslub nanti melahirkan satu calon tunggal. Kalau namanya pemilihan pasti ada yang menang dan kalah, pasti ada yang sakit hati. Maka, calon tunggal itu untuk menghindari itu,” kata Ulum. Terkait figur, kata Ulum, akan dibahas langsung dengan DPP. “Nanti ada agenda khusus (untuk membahas figur) kalau sudah ditentukan kapan munaslubnya,” tuturnya.

Ketua Umum Golkar Banten Ratu tatu Chasanah sebelum pleno mengatakan, dukungan akan segera dilakukan munaslub agar Setnov fokus para perkara hukumnya. “Supaya Golkar juga fokus pada pilkada serentak 2018 dan pilpres 2019,” ujar Tatu, ditemui di Pendopo Bupati Serang, kemarin. Ia juga mendorong agar ketua umum Golkar dilakukan secara aklamasi. “Sekarang sedang dikomunikasikan ke DPP, mudah-mudahan bisa aklamasi, karena dari semuanya kader golkar kita tidak ingin punya cerita dualisme terulang,” ujarnya. (RI/YY)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here