Dompet Dhuafa-Kabar Banten Jalin Kerja Sama Program Kemanusiaan, Wujudkan Banten Bangkit dan Berdaya

Direktur PT Fajar Pikiran Rakyat (Kabar Banten) Rachmat Ginandjar dan Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Banten Abdurrahman Usman saat melakukan kerja sama dengan menandatangani nota kesepahaman Memorandum of Understanding, dalam rangka program-program yang berkaitan dengan kemanusiaan yang dilakukan di halaman RRI Banten, Kamis (28/2/2019).*

SERANG, (KB).- Dompet Dhuafa dan Harian Umum Kabar Banten melakukan kerja sama dengan menandatangani nota kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU), dalam rangka program-program yang berkaitan dengan kemanusiaan yang dilakukan di halaman RRI Banten, Kamis (28/2/2019).

Presiden Direktur Dompet Dhuafa Imam Rulyawan mengatakan, terkait aksi kemanusiaan. Media memiliki peranan yang sangat strategis karena bisa mengomunikasikan berita-berita kebaikan, agar semakin banyak dukungan orang terkait program ini. Dan orang lain juga semakin percaya kepada Dompet Dhuafa sebagai penggerak acara ini.

“Kepercayaan itu bisa dilahirkan dari bukti nyata yang dilaporkan, media melaporkan aksinya, kemudian masyarakat memberikan respon. Kemudian dalam bentuk dukungan, atau dalam bentuk donasi, dan dukungan-dukungan lainnya, agar progresif, percepatan pemulihan recovery dari masyarakat Banten yang terkena dampak, seperti Pandeglang dan sekitarnya, itu segera bangkit,” tuturnya.

Ia menjelaskan, salah satu pendekatannya adalah program ekonomi rehabilitasi dengan menggunakan program keuangan mikro untuk menghidupkan kembali usaha-usaha yang lumpuh, misalnya bengkel, warung, salon, harus dibangkitkan lagi.

“Dompet Dhuafa hadir dengan pendampingan usaha, pasar. Dompet Dhuafa melakukan hal-hal yang mungkin belum terpikirkan oleh kelompok, atau organisasi, atau mungkin badan pemerintah lainnya,” ucapnya.

Direktur PT Fajar Pikiran Rakyat (Kabar Banten) Rachmat Ginandjar menjelaskan, dalam kerja sama ini pihaknya bertugas dan bertanggung jawab dalam hal melaksanakan penyebarluasan informasi publik kegiatan. Dan upaya yang terkait dengan target pencapaian program kegiatan di lingkungan Dompet Dhuafa.

Lalu pihak Dompet Dhuafa memberikan dukungan data, dan informasi-informasi yang berkaitan dengan kegiatan atau program-program yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa, dalam aksi kemanusiaan.

Banten bangkit berdaya

Selain dengan Kabar Banten, Dompet Dhuafa bersama Bina Swadaya serta unsur masyarakat lain, dan didukung Radio Republik Indonesia menggelar acara peluncuran program “Pancasila In Action” Banten Bangkit Berdaya yang bertempat di Kantor RRI Banten, Jl. Lingkar Selatan, Kav. Puri, Ciracas, Kota Serang, Banten, Kamis (28/2/2019).

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Banten Ino S. Rawita dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada RRI Banten dan Dompet Dhuafa yang telah menginisiasi program ‘Banten Bangkit Berdaya’.

“Saya mewakili Gubernur dan Wakil Gubernur Banten menyampaikan terima kasih kepada RRI Banten dan Dompet Dhuafa yang bekerja keras dalam melaksanakan program Banten Bangkit Berdaya dalam melaksanakan aksi kemanusiaan terhadap korban pascagempa Selat Sunda,” tutur Ino.

Inisiator dan Ketua Pembina Dompet Dhuafa yang juga penggagas program “Pancasila in Action”, Parni Hadi mengatakan, apa yang dilakukan para relawan dan masyarakat pada umumnya dalam membantu korban bencana adalah aksi nyata dalam rangka implementasi nilai-nilai Pancasila.

“Jadi kita tidak sekadar banyak bicara tentang Pancasila tapi tidak melakukan apa-apa,” ujar Parni saat memberikan sambutan.

Dalam acara ini juga diberikan secara simbolis bantuan masyarakat yang disalurkan melalui Dompet Dhuafa, Bina Swadaya, dan RRI kepada penyintas bencana. Bantuan tersebut adalah pembangunan musala di wilayah Sumur, Pandeglang, jaminan makan bulanan (jambu) dan 3.000 paket sembako.

Acara “Pancasila In Action” Banten Bangkit Berdaya, bertujuan untuk memperkuat kolaborasi dalam implementasi progam pemulihan di pesisir Banten, serta mengajak kepedulian sosial masyarakat pada masa recovery dalam ikhtiar menghidupkan perekonomian.

Selain itu juga, terdapat beberapa acara dalam “Pancasila In Action” Banten Bangkit Berdaya seperti talkshow dengan tema “Mengukur Semangat Kerelawanan di Banten”, tanda tangan komitmen bersama wujudkan Banten Bangkit Berdaya, aksi penanaman pohon, serta pembagian sembako, cek kesehatan, periksa mata, donor darah, service motor gratis dan dapur keliling. (Besta/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here