Dompet Dhuafa Bangun Fasilitas Cuci Tangan di Kota Cilegon

CILEGON, (KB).- Tim Cekal (Cegah dan Tangkal) virus corona Dompet Dhuafa Banten kembali membangun fasilitas cuci tangan di tempat umum. Kali ini terminal bayangan Seruni, exit tol GT, Cilegon Timur.

Direktur Program Dompet Dhuafa Banten Elin, Senin (30/3/2020), mengatakan, lokasi terminal bayangan tersebut selalu ramai karena sebagai tempat transit penumpang dari Jakarta maupun dari Lampung yang akan menuju Kota Cilegon.

”Kota Cilegon sebagai salah satu tempat transit membuat kami menaruh tempat cuci tangan. Sehingga keberadaan alat ini bisa bermanfaat ditengah pandemi penyebaran virus Covid-19,” katanya.

Dia menuturkan, cuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir merupakan cara ampuh untuk membasmi virus Covid-19. Oleh karena itu, pengadaan fasilitas ini di tempat umum merupakan salah satu program utama sebagai strategi untuk cegah dan tangkal corona yang diusung oleh Dompet Dhuafa Banten.

”Sejumlah sarana atau fasilitas umum kami tempatkan alat untuk mencuci tangan dengan sabun. Kami mempunyai beban dan tanggung jawab moral untuk kesehatan masyarakat. Semoga keberadaannya bisa dijadikan salah satu sanitasi kesehatan,” ujarnya.

Penanggung jawab pengadaan fasilitas Ikbal mengatakan, saat ini masyarakat sangat sulit untuk mencuci tangan di tempat umum, karena memang tidak ada fasilitasnya. Kalaupun harus cuci tangan di toilet, ujar dia, selain berbayar, juga bisa dipastikan tidak ada sabun.

”Jadi bisa dikatakan mustahil bagi orang-orang yang beraktivitas di luar rumah untuk mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir. Makanya kami sediakan fasilitas ini untuk mereka yang membutuhkan,” tuturnya.

Ikbal menambahkan, polisi, para tukang ojek, pedagang asongan, masyarakat, hingga pekerja harian yang berada di lokasi ini sangat antusias menyambut pengadaan fasilitas ini. Mereka bergotong royong membantu pemasangan instalasi hingga selesai.

Selain pemasangan fasilitas cuci tangan, Tim Cekal Covid-19 DD Banten juga melakukan edukasi cara mencuci tangan yang baik dan benar, sesuai anjuran WHO ke para tukang ojek, Pak Polisi, serta masyarakat yang ada di sekitar lokasi. Terakhir, Tim Cekal Covid-19 DD Banten juga membagikan masker gratis sebagai salah satu upaya edukasi fisical distancing ke masyarakat sekitar.

“Mudah-mudahan dengan adanya fasilitas cuci tangan ini bisa membantu masyarakat yang memang harus beraktivitas di luar rumah untuk menafkahi keluarga agar tetap bersih dan terbebas dari corona, dengan cara rajin mencuci tangan dengan benar sesuai anjuran WHO,” ucapnya. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here