DLHK Segera Tangani Sampah di Sungai Cibanten

Pengerukan Sampah Sungai Cibanten beberapa waktu yang lalu.*

SERANG, (KB).- Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Banten segera menindaklanjuti persoalan Sungai Cibanten yang dipenuhi sampah. Dalam waktu dekat, DLHK akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait penanganan sungai tersebut.

“Segera ditindaklanjuti. Secepatnya lah, nanti kami koordinasi dengan kabupaten/kota ya. Bukan cuma Cibanten, termasuk Sungai Cidurian juga,” kata Kepala DLHK Banten, M Husni Hasan, kepada Kabar Banten, Senin (17/9/2018).

Ia menuturkan, pembersihan dilakukan dengan menggunakan alat berat. “Nanti kalau alat tidak memadai kami bisa pinjam, kalau tidak bisa sewa,” ujar mantan Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Pemukiman tersebut. Ia menjelaskan, masalah sampah tidak hanya menjadi tanggung jawab instansi, melainkan juga butuh peran aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan.

“Sampah bukan tanggung jawab DLH saja, tapi kami semua. Masyarakat juga harus menjaga kebersihan sungai. Kami upayakan secepatnya (pembersihan),” ucapnya. Menurut dia, DLHK Banten selalu menindaklanjuti setiap aduan maupun keluhan masyarakat mengenai lingkungan. “Setiap laporan dari masyarkat pasti kami tindak lanjuti,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Banten Antisipator Lingkungan Hidup Indonesia (BALHI) Banten menilai, pemerintah daerah seakan tutup mata atas kondisi Sungai Cibanten. Hal tersebut, karena menurut BALHI, tidak ada penanganan yang dilakukan terhadap sungai yang kondisinya kian memprihatinkan tersebut.

Ketua BALHI Banten, Heri A Sukri menuturkan, Sungai Cibanten yang pada masa kejayaan Kesultanan Banten menjadi ikon kemakmuran masyarakat tersebut, kini sudah tidak nampak sedikit pun. “Kondisinya semakin memprihatinkan dan pemerintah seolah tunanetra atau buta akan keadaannya,” katanya kepada Kabar Banten, Ahad (16/9/2018). (RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here