DLH Kota Serang Siapkan Penataan TPAS Cilowong

SERANG, (KB).- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Kota Serang saat ini sedang menyiapkan rencana penataan untuk tiap selter pembuangan sampah di Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPAS) Cilowong, Kecamatan Taktakan. Hal tersebut untuk mengantisipasi terjadinya musibah longsor seperti yang terjadi beberapa waktu lalu dan menelan korban jiwa.

Pelaksana tugas (Plt) DLH Kota Serang Yudi Suryadi mengatakan, saat ini pihaknya sedang membahas dan mengonsultasikan rencana penataan tersbeut ke Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Serang. Penataan tersebut, kata dia, akan bersifat jangka pendek dan jangka panjang. Tetapi, secara teknis, ujar dia, PU yang memiliki wewenang.

“Kan nanti ada selter A harus ditata dulu, ini kami lagi mohon bantuan kepada PU seperti apa penataannya. Kalau kami kan gak bisa, bukan bidangnya,” ucapnya kepada Kabar Banten, Jumat (18/1/2019).

Sambil menunggu penataan, sampah dibuang ke selter C atau di atas TPAS Cilowong. Setelah penataan, baru kemudian sampah akan kembali dibuang di selter A dan B yang terletak di bawah TPAS Cilowong.

“Sementara, kalau dari masyarakat sudah jalan, cuma memang belum maksimal, harus ada penataan dulu,” tuturnya.

Selain sampah yang dibuang di tempat pembuangan sementara, pihaknya juga melakukan pembenahan terhadap sampah liar yang dibuang masyarakat secara sembarangan.

“Kalau untuk sampah di Kota Serang sudah terangkut. Bahkan, dalam program 100 hari kerja, kami benahi juga sampah-sampah liar yang dibuang di jalan, di pinggir kali. Itu menjadi target pembenahan dan pembersihan,” katanya.

Selain sampah yang berasal dari Kota Serang, pihaknya juga sudah menerima kiriman sampah dari Kabupaten Serang. Namun, ujar dia, ke depan akan kembali dilakukan kesepakatan dengan Kabupaten Serang.

“Kalau evakuasi korban, SOP-nya kan sudah habis. Tapi, sambil penataan sampah mudah-mudahan ketemu, fokusnya penataan bukan evakuasi,” ucapnya. (Masykur/RI)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here