DLH Kabupaten Serang Angkut 90 Ton Sampah dari Sungai

Warga bersama perwakilan muspika dan DLH Kabupaten Serang gotong royong membersihkan sampah liar dari sungai yang berada di Desa Tirtayasa dan Desa Sujung, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Ahad (29/12/2019).*

SERANG, (KB).- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang mengangkut sekitar 90 ton sampah liar dari sungai yang berada di Desa Tirtayasa dan Desa Sujung, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang. Kegiatan pengangkutan sampah dialiran ke sungai itu untuk mengantisipasi terjadinya banjir.

Kepala bidang (Kabid) Persampahan DLH Kabupaten Serang Toto Mujiyanto menuturkan, DLH Kabupaten Serang bersama warga dan muspika setempat melakukan kegiatan bersih-bersih sungai yang dipenuhi oleh sampah liar.

Terdapat sekitar 90 ton atau 30 mobil sampah yang diangkut dari hasil bersih-bersih kawasan tersebut. Hal itu sebagai antisipasi terjadinya banjir karena sudah memasuki musim penghujan.

“Ada sekitar 90 ton sampah yang kami angkut dari sungai dan pinggir sungai yang ada di Desa Tirtayasa dan Desa Sujung, Kecamatan Tirtayasa,” kata Toto kepada Kabar Banten, Ahad (29/12/2019).

Dia menjelaskan, sampah-sampah yang ada di sungai tersebut berasal dari warga yang secara sembarangan membuang sampahnya. Apalagi hingga saat ini di sekitar desa tersebut pun belum adanya tempat pembuangan sampah. Sehingga warga banyak yang memilih membuangnya ke sungai. Akhirnya muncul menjadi tumpukan sampah liar.

“Itu termasuk sampah liar, karena itu berasal dari warga yang secara bebas membuangnya. Belum ada tempat pembuangan sampah di sana,” ucapnya.

Untuk membangun tempat pembuangan sampah, pihaknya kesulitan. Sebab tidak ada lahan yang diberikan warga untuk membangun tempat pembuangan sampah. Petugas DLH Kabupaten Serang melakukan pengangkutan secara rutin di wilayah tersebut.

Namun, pihaknya mengimbau agar masyarakat tidak lagi membuang sampah ke sungai atau pinggir sungai.

“Walaupun tidak ada tempat pembuangan sampah, kami mengimbau agar masyarakat tidak membuang ke sungai. Apalagi ini kan sudah dibersihkan bersama. Tadinya kan penuh dengan sampah dan rumput liar,” tuturnya.

Toto mengungkapkan, DLH akan siap membantu masyarakat di semua kecamatan yang akan melakukan kerja bakti dengan bersih-bersih desanya. Dalam hal ini, DLH akan menyiapkan petugas dan alat pengangkut sampah, sehingga dapat membantu memudahkan masyarakat dalam kegiatan tersebut.

“Sebetulnya DLH siap untuk kerja bakti, yang penting ada usulan dari desa dan kecamatan. Biasanya untuk kerja bakti kan yang mengerahkan masyarakat. Kami sifatnya pengangkutan sampahnya saja,” katanya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here