Diusulkan dalam APBD Provinsi Banten 2019, Bantuan Ponpes Dikonsultasikan ke Kemendagri

SERANG, (KB).- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten berkonsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait pemberian bantuan kepada Pondok pesantren (Ponpes) yang pernah dialokasikan pada APBD 2018, rencananya diusulkan kembali dalam APBD Provinsi Banten 2019. Hal itu untuk mengetahui apakah pemberian bantuan tersebut bisa disalurkan secara berturut-turut atau tidak.

Pj Sekda Banten, Ino S Rawita menuturkan, terkait bantuan Ponpes Pemprov Banten masih konsultasi dengan Kemendagri agar pemberian bantuan Ponpes tidak menyalahi prosedur yang ada. “Masih konsultasi dengan kemendagri, menunggu,” katanya saat dihubungi Kabar Banten melalui pesan WhatsApp mesengger, Kamis (1/11/2018).

Dia mengatakan, konsultasi tersebut terkait hibah bansos terutama tentang regulasi penyalurannya. Pemprov ingin mengetahui apakah bantuan tersebut boleh diberikan berturut-turut atau tidak.

“Itu yang sedang dikoordinasikan ke kemendagri,” ujar mantan Pjs Bupati Lebak ini. Disinggung apakah pemprov sudah memplot bantuan ponpes dalam dokumen APBD 2019, ia mengatakan, bantuan untuk ponpes belum sampai ke pembahasan. “Belum sampai ke pembahasan,” ujarnya singkat.

Sebelumnya, Gubernur Banten, Wahidin Halim mengatakan, pihaknya ingin kembali mengajukan bantuan untuk pesantren pada APBD 2019. Namun, ia masih mengkaji apakah bantuan tersebut dapat diberikan lagi atau tidak. ”Ada (bantuan untuk ponpes pada APBD 2019),” tuturnya.

Disinggung apakah akan ada penambahan nominal dari bantuan tahun sebelumnya, mantan Wali Kota Tangerang ini mengaku pihaknya akan terlebih dahulu melakukan kajian. Penambahan mungkin saja dilakukan selama kajiannya terutama dari sisi hukum memperbolehkan.

”Lihat ketentuan nanti, ada (kemungkinan penambahan). Tapi memang kita lihat dari aturan, boleh enggak kita tambah,” katanya.

Terkait jumlah ponpes penerima, ia akan memverifikasi ulang jumlah ponpes di Banten. Pemprov bisa saja menambah jumlah penerima selama verifikasi memungkinkan adanya penambahan. ”Kita akan lihat lagi kita akan verifikasi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bantuan yang diberikan langsung diserahkan kepada ponpes. Soal peruntukannya ia juga menyerahkan kepada ponpes yang menerima. ”(Peruntukannya) ya nanti kita serahkan ke pondok pesantren,” tutur pria yang juga mantan Anggota DPR RI dari Partai Demokrat ini. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here