Diumumkan 4 April, Peserta SNMPTN Capai 25.000 Pendaftar

Peserta membuka hasil pengumuman SNMPTN di laman LTMPT, beberapa waktu lalu.*

SERANG, (KB).- Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 telah resmi ditutup, Jumat (10/1/2020). Dari batas waktu yang ditentukan, terdapat 25.000 pendaftar jalur seleksi penerimaan mahasiswa perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia tersebut.

“Pendaftar sudah mencapai 25.000 peserta ini merupakan data sementara dari registrasi akun secara nasional, namun kami belum memastikan berapa jumlah peserta yang mendaftar di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melalui jalur SNMPTN. Setelah SNMPTN kami akan mempersiapkan untuk jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada Februari mendatang,” kata Tim Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Tri Cahyono, di Ruang Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Untirta, Selasa (14/1/2020).

Selain itu, ia mengatakan, untuk pendaftaran UTBK SBMPTN sekolah bisa melakukan registrasi akun LTMPT pada 7 Februari-5 April 2020, kemudian melakukan pendaftaran UTBK pada 30 Maret-11 April 2020, dan untuk pelaksanaan UTBK 20-26 April 2020.

Pengumuman hasil UTBK 12 Mei 2020, kemudian siswa yang dinyatakan lulus dapat melakukan pendaftaran SBMPTN 2-13 Juni 2020.

“Kami memang sedang mempersiapkan untuk UTBK SBMPTN seperti unit komputer yang akan digunakan oleh peserta. Permasalahan itu pada data pokok dan Pendidikan (Dapodik) data-data tersebut ada pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) di sekolah menengah, sehingga LTMPT akun hanya mengambil data yang sudah jadi dari Dapodik, jadi kalau ada yang kurang nama silakan untuk melapor koordinasi dengan dinas pendidikan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Untirta Agus Sjafari mengatakan, peserta yang mengikuti SNMPTN bisa menggunakan akun LTMPT untuk mengikuti SBMPTN. Perbedaan penerimaan mahasiswa baru memang berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun sekarang sekolah harus mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

“Kami berharap sekolah untuk memperhatikan jadwal pendaftaran UTBK SBMPTN agar siswa yang ingin mengikuti dapat teregistrasi,” katanya. (DE/SJ)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here