Dituntut Cakap dan Berwawasan Luas, Pejabat Dites Pimpin Rapat

SERANG, (KB).- Sebanyak 13 peserta menjalani hari kedua assessment pada lelang jabatan eselon II Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang. Di hari kedua, peserta dites memimpin rapat dan diskusi.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Karier pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang Surtaman menjelaskan, pada assessment tersebut, para peserta menggelar forum group discussion (FGD) dan leader group discussion (LGD) dengan penilaian secara kelompok dan individu. Kedua tes tersebut, disesuaikan dengan posisi yang dilamar.

“Hari kedua itu uji kompetensi, di mana mereka menjalani FGD maupun LGD,” katanya kepada Kabar Banten, Kamis (23/5/2019).

Ia menuturkan, dalam FGD assesor akan meminta mereka untuk berkumpul per kelompok. Setelah itu, mereka diminta untuk melakukan diskusi terkait isu yang sesuai dengan posisi masing-masing kelompok. Terdapat tiga posisi jabatan yang sedang dilelang, sehingga ada 3 kelompok FGD yang dibentuk.

“Jadi, mereka menjalani diskusi per kelompok. Ada 3 kelompok sesuai dengan jumlah kekosongan jabatannya,” ujarnya.

Kemudian, tutur dia, untuk LGD assesor meminta mereka untuk memimpin rapat. Baik tema maupun bahannya ditentukan oleh tim assesor. Tidak hanya LGD, FGD juga ditentukan bahan atau materinya oleh tim assesor. Sehingga, mereka dituntut untuk memiliki kecakapan dan wawasan yang luas.

“Kalau LGD itu per individu, diminta untuk memimpin rapat dan diskusi,” ucapnya.

Ia mengatakan, assessment untuk tes psikologi akan menggambarkan potensi atau kecenderungan peserta tersebut, cocok di jabatan apa dengan kemampuan yang ada. Sementara, untuk uji kompetensi tersebut, akan menilai apakah yang bersangkutan layak menduduki jabatan yang dilamar atau tidak.

“Masing-masing tes akan ada penilaian apakah mereka layak menduduki jabatan itu. Nanti Jumat (24/5/2019) penilaian makalah, Sabtu (25/5/2019) penilaian rekam jejak dan Senin hingga Selasa (28-29/5/019) wawancara,” katanya.

Diketahui, 13 pejabat tersebut, terbagi untuk 3 posisi. Rinciannya, tujuh orang melamar jabatan Kepala Satpol PP, yaitu Wawan Setiawan, Ade Hadhi Sukalta, Benny Yuarsa, Nanang Supriatna, Rudiyanto, Haradi, dan Ajat Sudrajat.

Kemudian, untuk jabatan Kepala Diskominfo ada empat pejabat yang lolos, yaitu Furqon Syafiudin, Wawan Setiawan, Anas Dwi Satya Prasadya, dan Epi Priatna.

Untuk jabatan Kepala Bappeda sebanyak empat orang yang lolos administrasi, yaitu Ajat Sudrajat, Sarudin, Okeu Oktaviana, dan Rachmat Maulana. Dari jumlah tersebut, dua orang di antaranya melamar dua posisi, yaitu Ajat Sudrajat (Satpol PP dan Bappeda) dan Wawan Setiawan (Satpol PP dan Diskominfo). (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here