Ditpolairud Bangun Gedung Crisis Center, Potensi Bencana Perairan Banten Tinggi

Peletakan batu pertama Gedung Crisis Center Ditpolairud Polda Banten, di Kelurahan Suralaya, Kecamatan Pulomerak, Rabu (18/9/2019).

CILEGON, (KB).- Kapolda Banten Irjen Tomsi Tohir menilai, potensi bencana di Perairan Banten terbilang tinggi. Pemicunya tidak hanya berasal dari alam, namun bencana tersebut bisa muncul dari kegagalan teknologi industri, kecelakaan laut, juga tindak-tindak kriminalitas di wilayah perairan.

Hal tersebut, disampaikan Kapolda Banten saat memberikan sambutan pada acara peletakan batu pertama Gedung Crisis Center Ditpolairud Polda Banten, di Kelurahan Suralaya, Kecamatan Pulomerak, Rabu (18/9/2019).

Menurut dia, Perairan Selat Sunda merupakan perairan dengan lalu lintas maritim terpadat, namun di sisi lain memiliki banyak pipa-pipa minyak dan kabel-kabel di dasar laut.

“Potensi bencana ini banyak, apalagi Perairan Selat Sunda ini merupakan perairan dengan lalu lintas laut paling padat di Indonesia. Bahkan, banyak sekali jaringan pipa gas dan pipa minyak yang ada di dasar laut,” katanya.

Di sisi lain, tutur dia, kesiapan sejumlah instansi terkait untuk menghadapi bencana di wilayah perairan terbilang kurang. Bahkan, hingga kini belum ada standart operational prosedure (SOP) perihal penanganan bencana.

“SOP penanganan bencana sangat mendesak, sehingga di kemudian nanti, instansi-instansi yang berkaitan dengan penanganan bencana tidak lagi saling menyalahkan,” ujarnya.

Ia berharap, adanya gedung crisis center tersebut, mampu mengakomodir berbagai kekurangan dalam hal menghadapi bencana.

“Harapan kami, adanya gedung crisis center ini bisa mendorong tingkat berkoordinasi semakin baik,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Polairud Polda Banten Kombes Pol Nunung Syaifudin menuturkan, pembangunan gedung crisis center merupakan hibah dari PT China National Offshore Oil Corporation (CNOOC).

Ia berharap, jika gedung crisis center bisa meningkatkan koordinasi dalam penanganan bencana di Banten.

“Selain itu, kami juga berharap, agar gedung ini menjadi sarana meningkatkan kualitas para kepolisian Ditpolairud Banten dalam penanganan bencana di Banten,” ucapnya. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here