Ditkrimsus Polda Banten Sita 3 Ekor Buaya Dari Hotel SKI

CILEGON, (KB).- Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Banten menyita tiga ekor buaya muara (crocodylus porusus) dari Hotel dan Restoran Sari Kuring Indah (SKI) Cilegon, Senin (28/5/2018) sekitar pukul 13.00 WIB.

Buaya-buaya dengan panjang rata-rata 4 meter ini kemudian diserahkan pihak Polda ke Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat Wilayah I Serang, di tempat yang sama.

Pantauan kabar-banten.com, proses penyitaan tiga buaya berlangsung cukup alot. Lima petugas BKSDA yang ditugaskan sampai kewalahan menangkap tiga buaya tersebut dalam kandang.

Proses evakuasi pun sampai harus memakan waktu kurang lebih 2 jam. Pada akhirnya, sekitar pukul 15.00, tiga biaya tersebut berhasil diangkut ke atas truk, untuk dibawa ke PT Muruy Perdana Lestari, sebuah lembaga konservasi di Kampung Muruy, Kelurahan Muruy, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Serang Andri Ginson mengatakan, telah menerima hewan sitaan dari Ditkrimsus Polda Banten. Katanya, tiga buaya dengan berat rata-rata 600 Kg hingga 800 Kg itu dititipkan ke PT Muruy Perdana Lestari. “Kami serahkan ke PT Muruy untuk kemudian dipelihara,” ujarnya.

Menurut Andre, dari tiga buaya itu, paling besar berusia 20 tahun. Sementara dua ekor buaya lebih kecil berusia 8 tahun.

“Kami berterima kasih kepada pihak Sari Kuring yang telah menyerahkan buaya-buaya itu. Karena dalam persoalan izin, pihak Sari Kuring tidak mungkin mendapatkan izin lingkungannya,” katanya. (AH)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here