Distan Kota Serang Siapkan ‘Satu Hari Tanpa Nasi’

SERANG, (KB).- Dinas Pertanian (Distan) Kota Serang berencana untuk membuat program satu hari tanpa nasi dalam sepekan. Sebagai penggantinya, masyarakat diminta mengonsumi umbi-umbian serta jagung atau makanan pengganti yang mengandung karbohidrat.

Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi konsumsi nasi, sehingga kondisi pangan di Kota Serang tetap stabil. Kepala Distan Kota Serang Edinata Sukarya mengatakan, untuk mengurangi penggunaan nasi, pihaknya akan menyusun program satu hari dalam sepekan mengganti nasi, dengan bahan lokal yang mengandung karbohidrat.

“Jadi, nanti kami tentukan. Misalnya dalam seminggu, masyarakat makan dengan singkong atau jagung. Tapi, memang ini masih wacana,” katanya, Rabu (13/11/2019).

Bahkan, ujar dia, apabila program tersebut, mendapat dukungan dari masyarakat serta pimpinan daerah, pihaknya akan mengajukan Peraturan Wali Kota (Perwal). Namun, itu semua tidak dapat ditargetkan, kapan akan dilakukan.

“Tapi, kami akan coba untuk mendorong hingga ada Perwal atau Kepwal soal itu. Tentu tidak buru-buru, masih perlu kajian juga,” ucapnya. (Rizki Putri/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here