Sabtu, 17 November 2018

Distan Kabupaten Lebak Jamin Persediaan Beras

LEBAK, (KB).- Persediaan beras penggilingan di Kabupaten Lebak relatif stabil dan mencukupi kebutuhan konsumsi masyarakat di daerah itu. Ketersediaan beras di penggilingan itu berkat kebijakan pemerintah daerah untuk menampung beras penggilingan dari 38 gabungan kelompok tani (Gapoktan), yang sebelumnya mendapat bantuan sarana produksi dari pemerintah.

Kepala Bidang Distribusi dan Pemanfaatan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lebak, Dani Hendarman menyatakan, setiap Gapoktan, terutama yang telah menerima bantuan pemerintah wajib menyumbangkan produksi beras penggilingan kepada Toko Tani Indonesia (TTI) sebanyak 100 ton per Gapoktan.

”Beras yang ditampung TTI itu nantinya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Lebak, dan berdasarkan perhitungan stok beras penggilingan surplus dan mencukupi kebutuhan hingga tahun 2019. Bahkan kami juga memasok persediaan beras untuk DKI Jakarta sebanyak 1.125 ton,” kata Itam, Senin (5/11/2018).

Menurut dia, produksi beras di Kabupaten Lebak sepanjang tahun 2018 tidak sangat mencukupi untuk memenuhi permintaan pasar, sehingga pihaknya tak perlu mendatangkan beras impor.

”Persediaan beras yang melimpah berdampak pada kestabilan harga beras di pasaran. Kami yakin harga beras di pasaran stabil dan tidak mengalami kenaikan.Untuk menjaga kestabilan persediaan beras itu, kami bersama Gapoktan dan stakeholder terus menjalin kerja sama guna meningkatkan produksiberas,” ujarnya.

Terpisah Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Tambakbaya, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, Ruhyana mengatakan, pihaknya telah memasok beras sebanyak lima ton per bulan ke TTI yang nantinya akan dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan pangan daerah.

”Pola kerja sama ini sangat membantu petani, karena selain ketersediaan pasar, juga ada jaminan soal harga beras petani,” tutur Ruhyana. (ND)*


Sekilas Info

Bantuan Non Tunai, Bukti Kepedulian pada Lansia dan Disabilitas

SEJAK beberapa tahun belakangan ini, pemerintah meluncurkan berbagai program untuk membantu masyarakat yang kurang beruntung, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *