Senin, 25 Juni 2018

Disperindagkop Kota Serang Sosialisasikan Aplikasi ”Sembako”

HARGA sembilan bahan pokok (sembako) kini sudah bisa dipantau melalui aplikasi. Hal tersebut untuk memudahkan masyarakat dan sebagai upaya pemerintah dalam menstabilkan harga pangan. Sosialisasi aplikasi sistem informasi bahan pokok dan barang penting “Sembako” tersebut dilakukan Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kota Serang, di Rumah Makan Sambara Resto, Jl. KH. Sulaeman No. 33A Kelapa Dua Kagungan, Kecamatan Serang, Kota Serang, Jumat (9/3/2018).

Acara tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Perdagangan Industri dan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Serang, Akhmad Benbela. Para peserta yang hadir dalam acara tersebut terdiri atas mahasiswa, awak media, serta pelaku UMKM dan stakeholder se-Kota Serang. Benbela mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mencari informasi seputar bahan pokok. ”Aplikasi tersebut memiliki peran penting untuk memantau harga dan stok barang kebutuhan pokok dalam upaya stabilisasi pasokan serta harga pangan yang ada di Kota Serang,” ujarnya.

Ia menuturkan, hadirnya aplikasi tersebut juga diharapkan dapat dengan cepat memberikan informasi secara meluas ke seluruh lapisan, khususnya masyarakat Kota Serang. “Seperti yang kita ketahui, Pemerintah Kota Serang saat ini sedang membangun dan mengembangkan sistem teknologi informasi melalui elektronik. Meski mayoritas pedagang di lapangan masih banyak yang gaptek atau gagap teknologi, tetapi tidak semuanya seperti itu, kan mereka juga masih bisa belajar,” tutur Benbela.

Selain itu, kata dia, Kota Serang juga akan membangun videotron di setiap pasar rakyat. Hal itu bertujuan agar masyarakat dapat dengan mudah mengetahui harga terbaru bahan pokok. Saat ini setiap kecamatan di Kota Serang sudah memiliki pasar rakyat. Hanya satu kecamatan yang belum memiliki pasar rakyat, yaitu Curug. “Videotron pertama akan ditempatkan di Pasar Induk Rau atau Rau Trade Center (RTC). Karena Pasar Rau merupakan pasar terbesar untuk wilayah Kota Serang,” ucapnya. Benbela juga menyampaikan kepada para peserta dan awak media untuk bersama-sama menginformasikan kepada seluruh masyarakat agar mengunjungi website sembako yang baru saja diluncurkan. (Rizqi Putri/Job)***


Sekilas Info

Berburu Uang Receh untuk Lebaran

MEMBERIKAN sedekah uang persenan (angpau) untuk kerabat, teman dan tetangga seakan sudah menjadi tradisi saat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *