Disparbud Kota Cilegon Siapkan “Golok Day”

CILEGON, (KB).- Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kota Cilegon siap menggelar kegiatan Festival Golok Day dalam rangka hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Kota Cilegon.

Kepala Disparbud Kota Cilegon Heri Mardiana mengatakan, untuk menggelar event besar tersebut, pihaknya menggandeng Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Cilegon dan Himpunan Peguron Persilatan Banten (HPPB).

“Event Golok Day ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun sebagai salah satu kebudayaan Cilegon yang biasa dilakukan dan harus ditampilkan. Kegiatan memang mengangkat kearifan lokal orisinil Kota Cilegon,” katanya, Jumat (5/4/2019).

Menurut Heri, pendekar Cilegon memiliki peran besar dalam sejarah pembentukan dan menjaga kondusivitas Kota Cilegon.

Dia mengatakan, dari tahun ke tahun gelaran golok day selalu mendapat perhatian khusus dan ada peningkatan. Event spektakuler tersebut, mendapat perhatian yang cukup tinggi dari masyarakat.

“2018 yang baru lalu, ada sejumlah pesilat dari mancanegara bahkan beberapa tahun sebelumnya,kami pernah mendapat rekor MURI dalam kegiatan tersebut,” ujarnya.

Sementara itu Ketua IPSI Kota Cilegon, Muharman Kotto mengatakan, Golok Day 2019 akan lebih semarak dan meriah dari acara Golok Day tahun sebelumnya. “Golok Day 2019 akan menjadi momen silaturahim dan bersatu kembali pendekar nusantara,” tuturnya.

Ketua HPPB Kota Cilegon, Jamhari Sakti menuturkan, Golok Day telah menjadi perhatian pendekar nusantara yang menginspirasi para pelaku/praktisi budaya untuk menyelenggarakan kegiatan sejenis di daerahnya.

“Kami berharap, dukungan dari pemerintah untuk kegiatan ini, terlebih Golok Day telah mengharumkan citra Kota Cilegon di mata pendekar nusantara dan dunia,” ujarnya.

Golok Day, tutur dia, merupakan sebuah kegiatan yang mengangkat kearifan budaya lokal maupun nasional dengan kemasan spesial yang bertujuan, untuk memperkenalkan kepada dunia, bahwa keragaman budaya nusantara merupakan salah satu harta tak ternilai yang harus dijaga dan dilestarikan.

Golok Day tahun ini merupakan pelaksanaan yang ke-4 dengan mengusung tema “Pendekar Nusantara Bersatu”. Rencananya, kegiatan ini akan diselenggarakan selama 2 hari, yaitu Jumat hingga Sabtu (3-4/5/2019) bertempat di jalan utama Landmark Kota Cilegon. (HS)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here