Minggu, 24 Juni 2018

Disnakertrans tidak Miliki Data Pekerja Anak 

SERANG, (KB).- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten mengatakan, belum memiliki data jumlah pekerja anak yang ada di wilayahnya. Padahal, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) saat ini mencanangkan program bebas pekerja anak 2022.

Kepala Disnakertrans Provinsi Banten, Al Hamidi mengatakan, saat ini tidak memiliki data pasti berapa jumlah pekerja anak di Banten, karena datanya adanya di Pengurangan Pekerja Anak-Program Keluarga Harapan (PPA-PKH) di Dinas Sosial. Namun, sepanjang 2010-2017, pihaknya sudah berhasil menarik lebih dari 3.000 pekerja anak dan yang putus sekolah. Mereka berasal dari berbaagi daerah se-Banten.

“Ada juga dari mereka yang sebatas membantu orangtua. Termasuk pengamen dan pengemis tadi. Makanya, kami kembalikan ke pendidikan,” katanya dalam acara pencanangan bebas pekerja anak di Gedung Pemasaran Kawasan Modern Cikande Industrial Estate, Kecamatan Kibin, Selasa (27/2/2018). Setelah dilakukan penarikan, ujar dia, mereka dikembalikan ke dunia pendidikan, kemudian diberi pelatihan kewirausahaan dan diberikan pengembangan potensi sesuai dengan wilayah masing-masing.

“Jadi, kalau memang waktunya masuk dunia pendidikian, kami masukan ke sana, kami kerja sama dengan semua stakeholder yang ada di Banten. Jadi, kalau seandainya mau masuk ke pendidikan formal, kami sudah kerja sama dengan Disdikbud,” ujarnya. Ia menjelaskan, terkait pekerja anak, pihaknya terus melakukan pengawasan untuk memastikan, bahwa setiap perusahaan tidak ada yang memperkerjakan anak di bawah umur. (DN)***


Sekilas Info

Dana Parpol Segera Cair

SERANG, (KB).- Bantuan dana partai politik (parpol) sudah bisa dicairkan pada Juli 2018. Parpol peraih kursi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *