Disnakertrans Kabupaten Serang Cegah Adanya Pekerja Anak

SERANG, (KB).- Pihak Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang belum menerima laporan terkait adanya pekerja anak di wilayah Kabupaten Serang.

Meski demikian, Disnakertrans tetap melakukan upaya pencegahan terkait hal tersebut, di antaranya dengan pembinaan ke perusahaan dan kerja sama dengan pihak pengawas Provinsi Banten.

“Kalau di kami tidak ada laporan (tentang pekerja anak), kan semuanya langsung ke pengawas. Tapi yang kami tahu sejauh ini belum ada anak di bawah umur yang dipekerjakan,” kata Kepala Disnakertrans Kabupaten Serang Setiawan, Sabtu (14/9/2019).

Meski demikian, ujar dia, saat ini pihaknya terus berupaya melakukan pencegahan adanya pekerja anak di Kabupaten Serang. Meskipun sejauh ini, pihaknya mengklaim tidak ada pekerja anak di Kabupaten Serang. Namun, Disnakertrans tetap melakukan antisipasi.

“Kami gencar melakukan upaya penghapusan pekerja anak. Walaupun sejauh ini tidak ada laporan,” ucapnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya memberikan pembinaan kepada pengusaha di beberapa perusahaan. Pembinaan dilakukan sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Selain itu, juga dilakukan pengawasan secara rutin oleh Provinsi Banten.

“Pembinaannya, agar mereka mengikuti persyaratan atau peraturan yang ada, bahwa pengusaha tidak diperbolehkan untuk mempekerjakan anak di bawah umur,” tuturnya.

Ia mengatakan, untuk laporan terkait adanya permasalahan tersebut, pelapor biasanya langsung diarahkan ke pengawas hubungan industrial di provinsi. Disnakertrans Kabupaten Serang hanya sebatas memberikan upaya dengan memberikan pembinaan kepada para pengusaha. Sementara, semua kasusnya diserahkan ke pengawas dan pengadilan hubungan industrial.

Ia berharap, para pengusaha di Kabupaten Serang dapat mematuhi aturan yang ada. Sebab, pembinaannya juga dilakukan bertahap, karena minimnya sumber daya manusia (SDM).

“Kan perusahaan banyak, SDM kami sedikit. Jadi, pembinaannya bertahap. Tapi, mudah-mudahan semua pengusaha mematuhi peraturan yang berlaku,” katanya. (TM)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here