Disnaker Kota Tangerang Klaim Serapan Tenaga Kerja Meningkat

TANGERANG, (KB).- Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang mengklaim, serapan tenaga kerja pada 2019 meningkat.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang Rakhmansyah menjelaskan, peningkatan serapan tenaga kerja kurang lebih sebesar 300 orang.

“Data sementara 2019 sebesar 12.200 orang, di tahun 2018 lalu sekitar 11.900 orang,” katanya.

Ia menjelaskan, Disnaker Kota Tangerang mencatat ada 17.500 lowongan kerja yang tersedia di wilayah Kota Tangerang sepanjang 2019 ini, sedangkan data sementara para pelamar kerja sebesar 16.000 orang. Penempatan (serapan tenaga kerja) 12.200 orang,” ujarnya.

Dari data tersebut, menurut dia, masih tersedia sekitar 5.300 lowongan pekerjaan dari berbagai bidang industri dan jasa di Kota Tangerang.

Untuk data pemutusan hubungan kerja (PHK) sendiri, ucap dia, sampai akhir 2019 ini, PHK tercatat hanya dilakukan oleh PT Sulindafin, yakni sebesar 1.200 karyawan. “Yang lain belum ada,” ucapnya.

Selain itu, lanjut mantan Asda III Pemkot Tangerang tersebut, Pemkot Tangerang juga menyediakan kegiatan pelatihan untuk warga Kota Tangerang yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) maupun yang masih belum memperoleh pekerjaan.

Ia menjelaskan, pelatihan dilakukan, agar masyarakat yang belum mendapatkan pekerjaan mampu mempelajari keterampilan kerja yang dibutuhkan pasar.

“Kalau pemerintah kota menyediakan kegiatan pelatihan. Termasuk juga yang cepat, seperti kegiatan desain grafis, bisnis online. Kami adakan seperti itu,” tuturnya.

Ia mengatakan, ada dua jenis pelatihan yang disediakan Disnaker. Pertama, bentuk pengembangan wirausaha mandiri dengan masa pelatihan 3 sampai 5 hari.

Sementara, untuk pelatihan jenis karyawan siap kerja akan diadakan selama kurang lebih dua bulan. Pelatihan tersebut, bekerja sama dengan beberapa perusahaan baik yang bergerak di bidang industri maupun jasa.

“Seperti perhotelan, selain diberikan materi, praktik juga di hotel tersebut. Ini dipersiapkan untuk mereka yang sedang menganggur,” katanya.

Bagi mereka yang lulus dalam pelatihan kerja dengan nilai bagus, kemungkinan akan langsung direkrut oleh perusahaan mitra pelatihan dari Disnaker Kota Tangerang.

“Seperti dari teknik motor, dari tahun ini ada 20 (peserta latihan) ada 16 orang sudah direkrut perusahaan,” ujarnya. (DA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here