Diskominfosantik Kabupaten Serang Siapkan Website Data Corona

Anas Dwisatya, Kepala Diskominfosantik Kabupaten Serang.*

SERANG, (KB).- Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kabupaten Serang sedang mempersiapkan penayangan informasi seputar Corona melalui website resminya. Hal itu dilakukan sebagai upaya agar masyarakat bisa waspada terhadap penyebaran Covid-19 tersebut.

Kepala Diskominfosantik Kabupaten Serang, Anas Dwisatya mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi dengan tim BPBD Kabupaten Serang terkait website tersebut.

“Mudah mudahan hari ini Kamis (26/3/2020) naik (tayang webnya),” ujarnya kepada Kabar Banten saat ditemui di ruangannya, Kamis (26/3/2020).

Anas mengatakan, website tersebut untuk pengisian datanya akan dipusatkan di BPBD selaku gugus tugas. Kemudian untuk data tersebut akan dikoordinasikan dengan dinas kesehatan. “Tiap hari update jam 06.00 sore lah (datanya),” ucapnya.

Selama ini diakuinya banyak masyarakat yang mencari data sebaran Covid-19 tersebut kepada Dinkes dan gugus tugas. Namun kini data itu akan terpublikasi di website sehingga bisa diakses banyak orang.

“Kita sudah beberapa hari lalu buat website dengan SDM (Sumber daya manusia) yang ada kita coba cepat, ternyata masih ada kendala teknis kalau rumahnya sudah jadi tinggal isinya, sudah koordinasi dengan Dinkes dengan BPBD mudah mudahan hari ini Kamis (26/3/2020) atau Jumat (27/3/2020) bisa naik,” tuturnya.

Ia mengatakan, urgensi website tentang Corona tersebut bertujuan untuk memberikan informasi pada masyarakat tentang sebaran orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP) bahkan pasien positif Covid-19.

“Minimal masyarakat bisa tahu dan waspada. Nama website nya infocorona.serangkab.go.id,” katanya.

Disinggung soal banyaknya informasi hoax seputar Corona, Anas mengatakan, untuk masalah tersebut penanganan ada di Kominfo pusat.

“Tapi kalau ada hoax daerah juga ditanya apakah berita itu hoax atau enggak oleh pusat. Intinya kita kalau ada share info hoax kita cari dulu (kebenarannya), kan mapindo (masyarakat anti fitnah Indonesia) juga ada di google (bisa buat ngecek info),” ucapnya.

Sementara, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Serang Nana Sukmana Kusuma mengatakan, hingga Kamis (26/3/2020), jumlah ODP di wilayahnya mencapai 224 orang dan tiga PDP. “Tersebar di 27 kecamatan se Kabupaten Serang,” ujarnya. (DN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here