Disiplin Anggota DPRD Kota Serang Disorot

SERANG, (KB).- Wakil Ketua DPRD Kota Serang, Bambang Djanoko menyoroti
kedisiplinan anggota DPRD Kota Serang, khususnya dalam sidang paripurna. Ketua DPC PDI
Perjuangan Kota Serang ini meminta agar Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Serang
mengambil langkah tegas terhadap persoalan tersebut.

”Sudah kita (Pimpinan DPRD Kota Serang) peringatkan, bahkan kita panggil Ketua Badan Kehormatan (BK) agar menyurati masing-masing fraksi agar supaya anggota dewan lebih aktif lagi,” katanya kepada wartawan di Sekretariat DPRD Kota Serang, Jalan Syekh Nawawi Albantani, Cipocokjaya, Kota Serang, Jumat (5/1/2018).

Menurutnya, anggota DPRD Kota Serang yang sering tidak hadir sidang paripurna sampai enam kali berturut-turut dapat disanksi, paling berat bisa berupa Pergantian Antar Waktu (PAW). “Yang tidak mengikuti paripurna itu ada sanksi,” katanya.

Ketua BK DPRD Kota Serang, Suradi mengatakan, PAW sebagai sanksi paling berat jika dewan tidak hadir enam kali berturut-turut. Namun, hal tersebut tetap menjadi kewenangan partai, BK hanya mengusulkan. ”Kewenangan kita (BK) terbatas,” ujarnya. Catatan BK memang masih banyak anggota DPRD Kota Serang absen rapat paripurna. Meski demikian, ketidakhadiran anggota DPRD Kota Serang tersebut tidak pernah sampai menghambat pelaksanaan paripurna.

”Selama ini kita belum pernah sampai tidak melaksanakan paripurna gara-gara (ada anggota DPRD) yang bolos. Hanya waktu (pelaksanaan paripurna) aja (telat) barangkali. Karena gini, persoalan telat terkadang karena DPRD sudah kuorum terkadang dari Pemkot belum ada,” ucapnya.

Menurut pantauannya, anggota DPRD Kota Serang juga belum pernah ada yang absen paripurna hingga enam kali berturut-turut. Meski demikian, ia enggan menyampaikan rekap absen anggota DPRD tersebut, karena menyangkut rahasia internal. ”Paling ada sampai tiga kali. Yang akan dikenakan sanksi juga kalau enam kali berturut-turut dan tanpa alasan, kalau ada keterangan sakit atau alasan lain itu tidak,” katanya. (SN)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here