Jumat, 22 Februari 2019

Dishub Targetkan Bangun 3 Terminal

SERANG, (KB).- Pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Serang manargetkan, untuk membangun tiga terminal tipe C di Tunjungteja, Pamarayan, dan Anyer. Secara keseluruhan, pembangunan terminal tersebut akan menelan anggaran mencapai Rp 3 miliar Kepala Dishub Kabupaten Serang, Hedi Tahap menuturkan, dari tiga terminal tersebut, hanya Tunjungteja yang sudah bisa dibayar.

“Terminal ada kendala, dari tiga unit tanah, hanya satu yang bisa dibayar. Yang lain ada perubahan dari pemiliknya,” katanya, Sabtu (4/11/2017). Ia mengatakan, pembangunan Terminal Tunjungteja ditargetkan akan dilakukan pada 2018. Sebab, untuk saat ini, detail enginering design (DED) sudah selesai.  “Mudah-mudahan bisa dilelangkan tahun depan,” ujarnya.

Secara keseluruhan, ucap dia, pembangunan terminal tersebut akan menelan anggaran mencapai Rp 3 miliar. Namun, pihaknya akan melihat dahulu, pada awalnya apa yang akan dibangun terlebih dahulu. “Paling kami bangun yang bangunan primernya saja dulu,” tuturnya.

Terminal yang berada di perbatasan menuju Kabupaten Lebak tersebut ditargetkan selesai dan telah beroperasi pada 2021, sesuai dengan RPJMD. Menurut hasil studi lahan yang akan digunakan untuk pembangunan terminal tersebut, tidak ada kendala dan terhitung layak.

Ia mengatakan, terminal yang akan dibangun di atas tanah seluas 3000 meter tersebut nantinya akan digunakan untuk beberapa trayek di wilayah Serang. Karena, lokasinya yang berada di perbatasan dengan Kabupaten Lebak, terminal tersebut juga bisa menghubungkan masyarakat dari Serang menuju Warunggunung. “Trayek Serang-Tunjungteja terus ke Warunggunung juga bisa di situ,” katanya.

Ke depan, lanjut dia, fasilitas yang akan dibangun di terminal tersebut, meliputi bangunan penunggu kendaraan, ruang menyusui, toilet, dan musala. “Fasilitasnya nanti di samping ada kantor, beberapa tempat strategis,” ujarnya. (DN)***


Sekilas Info

IPM Kota Serang Ditarget Naik 0,10 Persen Setiap Tahun

SERANG, (KB).- Indeks pembangunan manusia (IPM) Kota Serang ditargetkan terus mengalami kenaikan 0,10 persen setiap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *