Dishub Lebak Tindak Truk Pengangkut Pasir

LEBAK, (KB).- Petugas gabungan Dinas perhubungan (Dishub), Denpom serta Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Lebak menggelar razia kendaraan truk. Selama tiga hari digelar razia, petugas berhasil menindak 50 truk pengangkut pasir dengan sanksi tilang, karena melanggar aturan.

”Pada tahap pertama operasi yang digelar selama tiga hari, ada 50 truk yang ditindak tilang lalu dilimpahkan ke pengadilan untuk menjalani sidang,” kata Plt Kepala Dishub Lebak, Dartim, Kamis (5/12/2019).

Puluhan truk pasir yang ditilang itu didominasi karena surat KIR yang bermasalah. Rata-rata KIR yang dimiliki kendaraan itu, habis masa berlakunya. Sisanya, karena muatannya melebihi batas.

“Tetapi apakah itu disebut over tonase, kami tidak bisa memastikan. Karena harus melalui proses timbang dan itu kewenangan provinsi. Jadi, kami tindak hanya yang bersifat kasat mata,” ucap Dartim.

Razia tahap kedua, kata dia, dilakukan mulai tanggal 4 sampai 6 Desember 2019. Jika selama razia masih ada armada yang membandel, maka akan diambil tindakan tegas.

“Padahal, sosialisasi sudah kami lakukan agar pengusaha truk mematuhi aturan. Itu tadi ya misalnya, muatan ditutup terpal, tidak mengangkut pasir basah dan jangan melebihi batas,” tutur Dartim. (PG)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here