Senin, 25 Juni 2018
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dishub Provinsi Banten, Herdi Jauhari

Dishub Cek Kelaikan Angkutan Lebaran 2018, Empat Terminal Disasar

SERANG, (KB).- Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten segera mengecek kelaikan kondisi angkutan umum untuk menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2018. Pengecekan akan dilakukan di empat terminal tipe A mulai Senin hingga Kamis (4-7/6/2018) secara berturut-turut, yakni Terminal Kaduagung-Lebak, Terminal Tarogong-Labuan Pandeglang, Terminal Terpadu Merak-Cilegon, dan Terminal Pakupatan-Serang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dishub Provinsi Banten, Herdi Jauhari mengatakan, pengecekan kelaikan jalan atau ramp check difokuskan pada tiga unsur penting, yaitu administrasi, unsur administrasi, teknis, dan hukum. Unsur administrasi, meliputi SIM umum, STNK, buku uji kendaraan, dan kartu pengawasan. Kemudian, unsur teknis mencakup sistem penerangan, sistem pengereman, pemecah kaca, spion, kesehatan awak kendaraan, serta kelaikan ban.

“Kemudian, unsur hukum, meliputi pemeriksaan awak kendaraan, seperti tes narkoba dan administrasi palsu,” katanya, seusai menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Ramp Check, di Kantor Dishub Banten, KP3B, Kota Serang, Jumat (25/5/2018). Rakor dihadiri unsur Polda, Polres, Denpom, BPTD, Dishub Kabupaten/ Kota, BNN, dan Dinkes Banten.

Apabila ditemukan pelanggaran administrasi dan teknis, sanksi berupa tindakan tilang dan dilarang beroperasi sudah menanti para pelanggar. Semua angkutan umum yang masuk terminal tersebut akan diperiksa kelaikan jalannya. “Tidak boleh jalan kalau ditemukan salah satu unsurnya tidak terpenuhi. Kalau tidak laik kami tahan mobilnya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, empat terminal yang disasar tersebut minus terminal di Tangerang. Sebab, ucap dia, Tangerang merupakan kewenangan Badan Pengelola Transportasi Jabedetabek (BPTJ). Sementara, total personel yang diturunkan untuk pelaksanaan ramp check sebanyak 30 orang. “Terdiri dari gabungan Dishub, kepolisian, TNI, Dinkes, dan BNN,” tuturnya.

Ia menuturkan, kegiatan ramp check tersebut dalam upaya memberikan pelayanan transporasi yang aman dan nyaman bagi masyarakat yang akan pulang kampung. “Tujuannya, untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang akan menggunakan angkutan umum saat mudik. Begitu juga dengan awak angkutan, kalau terindikasi menggunakan narkoba tentu akan membahayakan keselamatan penumpang,” katanya.

Ia mengimbau kepada seluruh perusahaan otobus (PO), pengecekan kelaikan kendaraan tidak hanya dilakukan pada saat menjelang musim Lebaran, tetapi harus dilakukan rutin.

“Jangan hanya saat angkutan Lebaran. Sebelum berangkat, di pool itu dicek kondisi kendaraannya, mulai dari rem, lampu, ban, pemecah kaca, dan lainnya. Kemudian, administrasinya, dokumen kelengkapan kendaraan. Selanjutnya, kesiapan sopirnya. Jangan yang baru narik jam 2 pagi, kemudian paginya jalan lagi,” ujarnya. (RI)*


Sekilas Info

PPDB Online Banten Bermasalah, Pengadaan Server Dilaporkan ke Polda

SERANG, (KB).- Polda Banten melalui Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) menerima laporan dugaan tindak pidana dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *