Disebut Calon Kuat Ketua DPRD Banten, Andra Soni: Insya Allah Siap

SERANG, (KB).- Sekretaris DPD Gerindra Banten Andra Soni digadang-gadang akan menjadi Ketua DPRD Banten periode 2019-2024. Caleg petahana yang terpilih kembali di periode kedua pada Pemilu Serentak 2019 tersebut, dianggap memiliki kapasitas yang mumpuni.

Diketahui, Partai Gerindra diprediksi menjadi pemenang Pemilu Serentak 2019 tingkat Provinsi Banten. Partai besutan Prabowo Subianto tersebut, kemungkinan besar mendapat 16 kursi DPRD Banten, dengan sebaran rata-rata dua kursi di setiap dapil. Dengan perolehan kursi tersebut, maka Gerindra berhak mendapat jatah Ketua DPRD Banten.

Sumber internal DPD Gerindra Banten mengatakan, pembahasan Ketua DPRD Banten periode 2019-2024 di internal Gerindra belum dilakukan. Namun, Andra Soni diprediksi calon kuat yang akan ditunjuk pimpinan partai menjadi Ketua DPRD Banten.

Saat dikonfirmasi, Andra Soni menuturkan, partai peraih kursi terbanyak memang secara otomatis mendapatkan jatah kursi DPRD. Tetapi, keputusan siapa nama yang direkomendasikan bergantung keputusan partai.

“Saat itu menjadi amanah partai, kewajiban kader harus siap dan saya pribadi insya Allah siap. Tapi, tentunya semuanya dikembalikan kepada mekanisme yang ada partai masing-masing. Bergantung keputusan pimpinan partai, kalau ditanya (apakah) siap, insya Allah siap,” katanya.

Ia mengatakan, di internal Partai Gerindra belum membahas tentang calon Ketua DPRD Banten. Gerindra tidak ingin mendahului KPU yang belum memutuskan perolehan kursi masing-masing partai.

“Ini kan masih tahapan. Tahapannya adalah perhitungan berjenjang, sudah dihitung semua di tingkatan mulai dari kecamatan, kemudian naik ke tingkat kabupaten/kota, kemudian ke provinsi. Tapi kan penetapan kan belum,” ujarnya.

Meski belum ada penetapan, secara matematika memang sudah dapat terprediksi perolehan kursi Gerindra di Banten, yakni sebanyak 16 kursi dan disusul PDIP dengan 13 kursi.

“Kalau secara matematika juga belum ada keputusan, bahwa Gerindra itu menang. Baru secara matematika kami unggul di antara partai yang lain,” ucapnya.

Anggota KPU Banten Masudi menuturkan, keputusan tentang alat kelengkapan dewan (AKD) termasuk ketua mutlak keputusan DPRD Banten yang terpilih pada Pemilu Serentak 2019.

“Itu sudah di luar wilayah KPU. KPU hanya sampai pada menetapkan perolehan kursi masing-masing partai. Siapa yang terpilih menjadi Ketua DPRD Banten itu sudah bukan kewenangan KPU lagi,” tuturnya.

Mekanisme tentang penentuan Ketua DPRD juga tidak terdapat dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Sepengetahuannya, penentuan ketua DPRD diatur sendiri dalam undang-undang susunan dan kedudukan dewan. (SN)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here