Jumat, 21 September 2018
Kepala Disdukcapil Pandeglang, Tubagus Syaprudin sedang menguji coba kendaraan operasional pelayanan KTP elektronik untuk masyarakat.*

Disdukcapil Pandeglang Percepat Layanan KTP Elektronik

PANDEGLANG, (KB).- Dalam sebulan terakhir, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pandeglang menerapkan pelayanan cepat perekaman hingga pembuatan dokumen kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) bagi warga Pandeglang. Selain itu, petugas Disdukcapil juga bisa melayani perekaman dan pembuatan KTP-el untuk warga Lebak.

“Kita sudah jalin kerja sama kesepahaman pelayanan dokumen kependudukan dengan Kabupaten Lebak. Jadi warga Pandeglang bisa membuat perekaman KTP di Lebak begitu juga warga Lebak bisa di Pandeglang,” kata Kepala Disdukcapil Pandeglang, Tubagus Syaprudin kepada Kabar Banten, seusai uji coba mobil keliling pelayanan KTP-el di halaman Kantor Disdukcapil Pandeglang, Kamis (22/2/2018).

Proses pelayanan cepat KTP-el, lanjut Syaprudin, telah didukung sarana dan prasarana memadai. Selain perangkat komputerisasi juga ditopang SDM yang andal dan profesional. Termasuk penyiapan tenaga operator khusus perekaman dokumen kependudukan. Termasuk juga petugas pembuatan kartu keluarga (KK) dan akta kelahiran.

“Kami juga sudah memiliki tiga unit kendaraan dinas untuk keliling kecamatan melayani masyarakat. Ya, warga antusias bisa mendapatkan KTP-el baik yang baru membuat maupun perpanjangan bisa diselesaikan dalam waktu 2 jam. Ya, jika jaringan internet bagus, bisa langsung print ready record dan KTP-el bisa langsung dicetak,” ujarnya. Meski demikian, Syaprudin mengakui masih terjadi gangguan. Gangguan tersebut terjadi jika kondisi jaringan internet sedang lelet atau error.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPRD Pandeglang, Hadi Mawardi menyambut baik Disdukcapil menerapkan pelayanan cepat perekaman dan pembuatan identitas kependudukan. Dia berharap pelayanan tersebut terus ditingkatkan dan dipertahankan karena menyangkut kepentingan publik.

“Kalau memang kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) baik seperti ini layak untuk mendapatkan reward atau bonus. Sebaliknya jika kinerja buruk berikan sanksi sesuai aturan,” ujar Hadi. Ia berharap ke depan pemerintah daerah harus berani memberikan anggaran besar bagi Disdukcapil. Anggaran tersebut tentu rasional sesuai dengan kebutuhan pelayanan kepada masyarakat. (EM)***


Sekilas Info

Pemkab Pandeglang Diminta Transparansi Publik

PANDEGLANG, KB.- Massa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pandeglang berunjuk rasa di depan Gedung Setda …

2 comments

  1. Saya telah kehilang Ektp pandeglang di kota medan
    Harus bagai mana saya biar bisa mengurusnya kembali
    Terimakasih

  2. Apakah pencetakan E,KTP sudah bisa apa belom ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *