Rabu, 12 Desember 2018
Kepala Disdukcapil Pandeglang, Tubagus Syaprudin sedang menguji coba kendaraan operasional pelayanan KTP elektronik untuk masyarakat.*

Disdukcapil Pandeglang Percepat Layanan KTP Elektronik

PANDEGLANG, (KB).- Dalam sebulan terakhir, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pandeglang menerapkan pelayanan cepat perekaman hingga pembuatan dokumen kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) bagi warga Pandeglang. Selain itu, petugas Disdukcapil juga bisa melayani perekaman dan pembuatan KTP-el untuk warga Lebak.

“Kita sudah jalin kerja sama kesepahaman pelayanan dokumen kependudukan dengan Kabupaten Lebak. Jadi warga Pandeglang bisa membuat perekaman KTP di Lebak begitu juga warga Lebak bisa di Pandeglang,” kata Kepala Disdukcapil Pandeglang, Tubagus Syaprudin kepada Kabar Banten, seusai uji coba mobil keliling pelayanan KTP-el di halaman Kantor Disdukcapil Pandeglang, Kamis (22/2/2018).

Proses pelayanan cepat KTP-el, lanjut Syaprudin, telah didukung sarana dan prasarana memadai. Selain perangkat komputerisasi juga ditopang SDM yang andal dan profesional. Termasuk penyiapan tenaga operator khusus perekaman dokumen kependudukan. Termasuk juga petugas pembuatan kartu keluarga (KK) dan akta kelahiran.

“Kami juga sudah memiliki tiga unit kendaraan dinas untuk keliling kecamatan melayani masyarakat. Ya, warga antusias bisa mendapatkan KTP-el baik yang baru membuat maupun perpanjangan bisa diselesaikan dalam waktu 2 jam. Ya, jika jaringan internet bagus, bisa langsung print ready record dan KTP-el bisa langsung dicetak,” ujarnya. Meski demikian, Syaprudin mengakui masih terjadi gangguan. Gangguan tersebut terjadi jika kondisi jaringan internet sedang lelet atau error.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPRD Pandeglang, Hadi Mawardi menyambut baik Disdukcapil menerapkan pelayanan cepat perekaman dan pembuatan identitas kependudukan. Dia berharap pelayanan tersebut terus ditingkatkan dan dipertahankan karena menyangkut kepentingan publik.

“Kalau memang kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) baik seperti ini layak untuk mendapatkan reward atau bonus. Sebaliknya jika kinerja buruk berikan sanksi sesuai aturan,” ujar Hadi. Ia berharap ke depan pemerintah daerah harus berani memberikan anggaran besar bagi Disdukcapil. Anggaran tersebut tentu rasional sesuai dengan kebutuhan pelayanan kepada masyarakat. (EM)***


Sekilas Info

Kunjungan Kerja Pejabat Pemkab Pandeglang ke Luar Kota Disoal

PANDEGLANG, (KB).- Akademisi Universitas Mathla’ul Anwar (UNMA) Banten, Eko Supriyatno mempersoalkan agenda kunjungan kerja pejabat …

6 comments

  1. Saya telah kehilang Ektp pandeglang di kota medan
    Harus bagai mana saya biar bisa mengurusnya kembali
    Terimakasih

  2. Apakah pencetakan E,KTP sudah bisa apa belom ya.

  3. Sbnrnya e,ktp itu d buat grats apa berbyar tolong d jawab !

  4. Samsudin s supriyanto

    Apa benar pengajuan e ktp itu susah. Beberapa tahun yg lewat saya mengajukan e ktp pindah domisili kata perangkat desa blangko e ktp blm ada. Ahirnya saya tunda. Dan dua bulan yg lalu saya menayakan melalui sek.desa katanya sudah ada sekarang dan saya diminta sejumlah uang untuk administrasi pengueusan e ktp ternyata sampai sekarang tidakkunjung jadi. Stelah saya tnyakan ke sek.desa tsb jawabnya nanti blm jadi di kabupatenya antri. Yang saya pertanyakan sampai kapankah antrian itu???

  5. kl bicara di media bilangnya gampang dan sebentar bikin e-ktp,nyatanya saya ikut program GISA dan rekaman tgl 23 oktb 2018, dapat dua hari saya tanyain ke disdukcapil jawabannya ini sudah d cetak tgl 01 oktb 2018 itupun KTPnya gak ada aneh bin ajaib,tgl 29 nya saya datangi lagi blm ada juga,dan sore harinya si petugas ngirim WA ke saya isinya poto e-ktp atas nama saya tgl/bln/thn lahirnya juga benar namun alamat desa/kecamatannya beda,begitu juga dngn potonya bukan poto saya…
    akhirnya sampai skrng mau bikin apa2 juga terkendala gara2 gk ada e-ktp…
    untuk kadis disdukcapil pandeglang mohon arahan dan tindaklanjutnya….

  6. Buktinya harus nunggu lama buat bikin e-ktp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *