Disdukcapil Kabupaten Tangerang Alihkan Pelayanan Adminduk Melalui Medsos

TANGERANG, (KB).- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tangerang, mengalihkan pelayanan admistrasi kependudukan (adminduk) melalui media sosial whatsApp (WA) atau SMS. Hal ini terkait pandemi virus corona (COVID-19) yang tengah merebak saat ini.

“Ini berlaku bagi warga yang sangat membutuhkan dokumen kependudukan seperti mengurus BPJS ke rumah sakit, maka dapat digunakan melalui whatsApp (WA) atau SMS,” ungkap Kepala Disdukcapil Kabupaten Tangerang, Syafrudin, Kamis (19/3/2020).

Syafrudin mengatakan warga dapat mengakses melalui ponsel pada nomor +62812-1831-9931 saat jam pendaftaran mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi penumpukan antrian di kantor yang terletak di kawasan Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang di Tigaraksa.

Selain itu agar terhindar dari penularan virus corona yang saat ini sedang mewabah, pihak Disdukcapil Kabupaten Tangerang juga mengimbau kepada masyarakat untuk menunda dulu mengurus adminduk. Penundaan adminduk itu yakni untuk pembuatan KTP, KK, akte dan berbagai akta lainnya berdasarkan arahan dari Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil, Kemendagri.

Menurut dia, pihaknya sudah mengeluarkan surat edaran Disdukcapil No. 470/324-DKPS tanggal 17 Maret 2020. Surat edaran tersebut menindaklanjuti surat Bupati Tangerang No. 443.2/1015-.um/111/2020 tanggal 15 Maret 2020 perihal imbauan antisipasi penyebaran COVID-19.

Ia menyatakan jajarannya setiap hari tetap menjalankan tugas pelayanan administrasi kependudukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Namun di kondisi wabah Covid-19, pihaknya akan melayani masyarakat via WA dan SMS yang berikan.

“Sekali lagi yang tetap kami layani adalah yang sangat urgent seperti untuk ke rumah sakit, BPJS dan hal penting lainnya, semuanya kami lakukan untuk kebaikan masyarakat,” tuturnya.

Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Tangerang Hedi Mochamad Hartadi menambahkan pelayanan administrasi kependudukan seperti KTP Elektronik, Kartu Identitas Anak, Akta Kematian, Akta Kelahiran juga dihentikan dulu. Kecuali untuk keperluan mendesak.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid mengatakan semua warga yang memasuki kantor pusat pemerintahan diwajibkan melalui tahapan pemeriksaan suhu tubuh. (DA)*

14 KOMENTAR

  1. Pelayanan katnya di alihkan ke media atau via WA, tapi sama sekali pertanyaan saya tidak di jawab, saya WA pada pkl 10.06, sedang kan wa nya terakhir di lihat 10.30 tidak di baca sama sekali,,,

    Terimakasih atas pelayanan nya

  2. Bapak/ibu yg trhormat.
    saya hrs gimana lagi supaya ktp saya bisa online.
    datanag ke capilnya langsung saya sudah.
    Di suruh nunggu tapi hampir 1 thn tetep aja.
    skrng hrs prosesnya hrs lwt medsos.
    saya coba tetep aja gak di gubris.
    di buka aja tidak wa saya.
    Saya sudah mengikuti prosedur yg bapak/ibu bikin.
    Tolong lah jangan menyepelehkan kami.

  3. setelah wa no yg di atas ternyata di alihkan ke no lain dan cuma dikasih link formulir setelah selsai isi formulir tidak kunjung jua balesan nya sudah dua hari di tunggu tp tak ada juga, tolong konfirmasinya

  4. DATA KTP/KK/KIA SEDANG DIPROSES (1 NOMOR HP UNTUK 1 NIK) PENGAMBILAN 14 HARI KERJA
    DIKECAMATAN MASING2 & TDK DAPAT DIWAKILKAN TERKECUALI DALAM 1 KK…

    TOLONG DI PERHATIKAN 5 POIN DIBAWAH INI…
    1. NO INI HANYA MELAYANI PENCETAKAN KTP,KK, DAN KIA (UPLOAD DATA DI KECAMATAN), TIDAK ADA PERBAIKAN/PERUBAHAN DATA HANYA MENCETAK SAJA
    2. KIRIM WA PKL 08.00 S/D 14.00 WIB DI HARI KERJA
    3. SESUAI FORMAT
    4. NO CALL
    5. KIRIM WA CUKUP SEKALI
    Kalo sudah dapat balasan seperti itu gmn kelanjutan nya?

    • DATA KTP/KK/KIA SEDANG DIPROSES (1 NOMOR HP UNTUK 1 NIK) PENGAMBILAN 14 HARI KERJA
      DIKECAMATAN MASING2 & TDK DAPAT DIWAKILKAN TERKECUALI DALAM 1 KK…

      TOLONG DI PERHATIKAN 5 POIN DIBAWAH INI…
      1. NO INI HANYA MELAYANI PENCETAKAN KTP,KK, DAN KIA (UPLOAD DATA DI KECAMATAN), TIDAK ADA PERBAIKAN/PERUBAHAN DATA HANYA MENCETAK SAJA
      2. KIRIM WA PKL 08.00 S/D 14.00 WIB DI HARI KERJA
      3. SESUAI FORMAT
      4. NO CALL
      5. KIRIM WA CUKUP SEKALI

      SILAHKAN CEK DIKECAMATAN

      SILAHKAN TUNGGU 14 HARI KERJA (SABTU-MINGGU & HARI LIBUR NASIONAL TIDAK DIHITUNG), PENGAMBILAN DIMKECAMATAN MASING2…

      Ini gimana yah kelanjutannya???

  5. Tolong dong jangan dipingpong. Kami butuh dokumen kependudukan karena ada kaitannya dengan pengurusan dokumen lainnya. Saya mengurus KK tanggal 2 Maret lalu di Kecamatan Pasar Kemis namun dijanjikan datang lagi 2 bulan kemudian dengan dibekali Draf KK sementara. Hari ini saya dibuat kecewa karena petugasnya menyatakan belum ada dan kalau ingin cepat silahkan ke dukcapil tigaraksa. Kemudian saya coba browsing dan dapat info ttg no WA pelayanan ini. Tetapi begitu saya chat ke nomor yg dimaksud eh balasannya seperti yg dilaporkan Defi diatas. Harus sesuai format itu contohnya bagaimana. Tolong beri info sampai tuntaslah. Saya perlu KK karena tuk urus kartu BPJS bayi saya yg sudah expired tanggal 30 April kemarin. Tolong jangan bertele2 kalau niat mempermudah pelayanan bagi masyarakat apalagi ditengah situasi pandemi dan pemberlakuan psbb seperti sekarang.

  6. Katanya bisa lewat whatsapp,pengurusan yg urgent,buktinya dibalas / dibaca aja tidak…
    Apakah aparat lebih suka makan gaji buta?
    Tolonglah kami mau urus bpjs….
    Layani sms kami walau …..

  7. Untuk Disdukcapil Kabupaten Tangerang kenapa belum bisa cek NIK secara online sedangkan di Tangerang Kota sudah bisa cek NIK nya secara online.
    Apakah SDM Kab Tangerang kurang ilmunya atau belum mau ada usaha untuk meng-upgrade pelayanan masyarakat agar lebih mudah.

  8. Untuk pelayanan Disdukcapil di Kabupaten Tangerang untuk pengurusan KTP,KK masih kalah bila dibandingkan dengan pelayanan kecamatan Pasar Kemis, dimana di Kab Tangerang orang yang antri masih berdiri serta dilayani hanya oleh 1 orang seperti orang mau lihat hasil pengumuman lamaran kerja aja.
    Berbeda dengan di kecamatan di Pasar Kemis, pelayanannya sudah pakai nomor antri, ada nomor antri di layar monitor dan ada announcementnya serta ada petugasnya banyak yang melayani warga seperti customer service di Bank sehingga lebih baik pelayanannya.
    Saya berharap Disdukacapil kabupaten Tangerang bisa memcontoh pelayanan seperti kecamatan Pasar Kemis.
    Semoga Disdukcapil Kabupaten Tangerang maju dan tidak kalah bersaing pelayanannya dengan kota-kota besar yang lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here