Senin, 25 Juni 2018

Disdikbud Usul UPT Dipertahankan

SERANG, (KB).- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan akan dihapus. Lembaga yang menjadi kepanjangan dari Dinas Pendidikan terancam dibubarkan setelah dikeluarkannya PP Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah. Termasuk UPT Kantor Disdik Kecamatan. Disdikbud justru mengusulkan, agar UPT dipertahankan.

Hal tersebut belum diketahui Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Banten, Engkos Kosasih. Ia mengatakan, penghapusan Kantor UPTD Pendidikan di setiap kecamatan menyusul terbitnya Permendagri Nomor 18 Tahun 2016. Terdapat kasual dalam peraturan tersebut yang mengatur kelayakan sebuah OPD (organisasi perangkat daerah) memiliki kantor UPT di lingkup wilayah kerja.

Selain itu, dalam aturan tersebut terdapat 16 indikator sebuah OPD layak dan tidak layak memiliki kantor UPT. “Kami belum tahu. Malah kami mengusulkannya untuk tidak dihapuskan, agar tetap eksis. UPTD Pendidikan tidak langsung melayani masyarakat. Tetapi, hanya melayani kepentingan yang berkaitan dengan sekolah dan guru,” katanya saat ditemui di kantor, Senin (8/1/2018).

Sementara itu, pihak Disdikbud Kota Serang menuturkan, keberadaan UPT Pendidikan diatur oleh UU Nomor 23 Tahun 2014 Pasal 41 dan PP Nomor 18 Tahun 2016 Peraturan Kemendagri UPT tentang Pendidikan.

“Harus disikapi dengan baik permendagri tersebut. Dalam pelayanan di tiap kecamatan sesuai dengan edaran Mendagri di wilayah dengan Sarpas dan ASN yang sebelumnya tersedia di UPT Pendidikan masing-masing kecamatan. Sampai saat ini, kami masih berkoordinasi dengan tim asistensi yang menggodok keberadaan UPT dan solusinya. Kami masih menunggu finalisasi apakah harus dihapuskan atau tidak,” ujarnya.

Ia menuturkan, pembubaran UPT Pendidikan masih dalam pembahasan. Pembubaran, akan berdampak pada berbagai persoalan mendasar penyelenggaraan pendidikan yang selama ini tugas dan fungsinya sudah dijalankan oleh UPTD yang ada di kecamatan. “Untuk Kota Serang masih kami bahas kebijakan ini. Masalah pelayanan, kami kira hanya masalah teknis akan diatur sebaik-baiknya,” ucapnya. (DE)***


Sekilas Info

Orang Tua Siswa Keluhkan PPDB Online Yang Eror

CILEGON, (KB).- Sejumlah orang tua siswa mengeluhkan pendaftaran peserta didik baru (PPDB) secara online yang mengalami …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *