Sabtu, 20 Oktober 2018

Disdikbud Lebak Buka Rumah Bahasa

LEBAK, (KB).- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lebak membuka Rumah Bahasa yang diperuntukkan untuk masyarakat umum, dengan menyediakan tiga kelas bahasa yaitu Inggris, Jerman dan Prancis.

Kepala Seksi Kurikulum Bidang SMP Disdikbud Lebak, Hidayatullah didampingi Pengawas SMP Abdus Subhan Jayani menyatakan, untuk awal pembukaan, rumah bahasa yang digagas Disdikbud ini menyediakan tiga kelas bahasa meliputi kelas bahasa Inggris, Jerman dan Prancis.

”Untuk saat ini baru dibuka kelas tiga bahasa yaitu Inggris, Jerman dan Prancis, sesuai dengan jumlah tutor atau guru bahasa yang menjadi relawan baru untuk ketiga bahasa itu. Mungkin kedepannya akan ditambah lagi dengan bahasa lainnya seperti Mandarin, Arab, Jepang dan bahasa asing lainnya jika memungkinkan,” kata Hidayatullah kepada Kabar Banten, Selasa (15/5/2018).

Menurut Hidayatullah, dibukanya rumah bahasa oleh Disdikbud Lebak yang ditujukan untuk masyarakat ini sebagai bagian dari bentuk pelayanan publik pendidikan untuk masyarakat.

”Dengan dibukanya rumah bahasa ini diharapkan dapat membantu menyalurkan minat masyarakat untuk menguasai bahasa asing atau setidaknya dapat menjadi pemantik dan memacu minat berbahasa asing,” ujarnya.

Rumah bahasa yang disediakan Disdikbud, ujar Dayat, terbuka untuk siapa saja dan dari kalangan apapun seperti pelajar, mahasiswa, pegawai negeri, pegawai swasta, wiraswastawan, tukang ojek, sopir angkot, sopir taksi, tukang becak dan kalangan manapun yang terpenting berminat untuk belajar bahasa asing.

Pengawas SMP Disdikbud Lebak Abduh Subhan Jayani menambahkan, pembukaan rumah bahasa itu merupakan adposi dari hasil kunjungan ke Kota Surabaya Jawa Timur yang telah memiliki rumah bahasa yang cukup bagus.

”Rumah bahasa di Kota Surabaya itu bisa dijadikan contoh untuk memacu minat belajar bahasa bagi masyarakat. Karena itu kenapa tidak kita di sini memulainya karena rumah bahasa ini bermanfaat sekaligus sebagai layanan pendidikan gratis untuk masyarakat,” tutur Abduh Subhan. (ND)*


Sekilas Info

Mengentaskan Kemiskinan Melalui Kampung KB

SEJAK tahun 2016, Pemkab Lebak melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *