Disdikbud Kota Serang Kembangkan Tradisi Literasi

Sekretaris Daerah Kota Serang, TB Urip Henus (kanan) bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (kiri) membaca salah satu buku di stan buku pada Pameran Pendidikan dan Buku yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang, di GGR Stadion Maulana Yusuf, Senin (10/12/2018).*

SERANG, (KB).- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Serang menggelar pameran pendidikan dan buku, di Gedung Gelanggang Remaja (GGR) Maulana Yusuf Ciceri, Kota Serang. Kegiatan yang digelar 10-16 Desember itu bertujuan untuk menumbuhkembangkan tradisi literasi dalam rangka mencapai kota peradaban.

Kepala Disdikbud Kota Serang, Akhmad Zubaidillah mengklaim acara tersebut merupakan pameran pendidikan dan buku terbesar di Kota Serang. “Sejak dini anak-anak kami bangun mindset, agar mencintai buku sehingga tidak hanya sebagai hiasan. Kami terapkan budaya baca, dengan membaca insya Allah perilakunya akan baik. Karena dalam buku banyak potensi-potensi untuk membangun karakter anak,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Serang, Tubagus Urip Henus meminta agar pameran tersebut dapat memberikan manfaat bagi pelajar. “Pameran harus ada evaluasi dari Disdik, kalau dievaluasi banyak manfaatnya saya sepakat dilanjutkan dan menjadikan agenda tahunan. Tapi kalau tidak bermanfaat buat apa,” ucapnya.

Ia berharap para peserta dapat menyumbangkan buku ke Disdikbud, yang kemudian disalurkan ke sekolah atau perpustakaan. “Setiap peserta diharapkan dapat menyumbang buku, sehingga saya berharap ke depan pameran buku ini positif dan lebih ramai lagi dari yang sekarang,” tuturnya.

Ia menilai pameran buku tersebut masih kurang, bahkan peserta terkesan masing-masing tidak ada komunikasi dengan yang lain. “Seperti tadi saya menanyakan kepada peserta apa manfaat dari pameran ini mereka tidak tahu. Peserta harusnya bisa menjelaskan apa manfaat pameran yang diselenggarakan, jangan hanya tahu pameran saja tapi tidak tahu manfaatnya,” katanya. (DE/YA)*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here